6 Ulasan Fakta Menarik Penyakit Hemofilia

Dewi Kania, Jurnalis · Senin 17 April 2017 19:05 WIB
https: img.okezone.com content 2017 04 17 481 1669701 6-ulasan-fakta-menarik-penyakit-hemofilia-y928kdZvlK.jpg Ilustrasi (Foto: Boldsky)

HEMOFILIA merupakan kelainan genetik yang berkaitan dengan gangguan darah. Orang yang menderita penyakit ini akan mengalami banyak hal yang membuatnya tidak nyaman.

Banyak gejala yang membuat kondisi pasien tak normal, seperti tampak pada risiko memar, mudah lelah, ada darah dalam tinja dan urine, hingga perdarahan di hidung.

Sama seperti penyakit lain, hemofilia punya banyak fakta menarik yang harus Anda tahu. Simak enam ulasannya berikut ini, dilansir Boldsky, Senin (17/4/2017).

Penyebabnya

Hemofilia disebabkan oleh protein yang hilang dalam tubuh. Padahal protein itu bertanggung jawab untuk membekukan darah secara normal.

Dikira kena AIDS

Banyak pasien hemofilia yang menganggap dirinya mengalami penyaki AIDS. Karena mereka merasa perlu banyak darah dan mentransfer plasma.

Sudah ada sejak abad ke-19

Hemofilia disebut penyakit tua dan kerajaan. Karena sejak abad ke-19 dan abad ke-20 banyak keluarga Kerajaan Eropa yang menderita penyakit ini.

Banyak diidap pria

Meskipun hemofilia dapat memengaruhi jenis kelamin pria dan wanita, survei membuktikan bahwa banyak pria menderita hemofilia dibandingkan wanita.

Wanita alami hemofilia dari warisan ayah

Tak sedikit wanita mendapatkan warisan dari sang ayah untuk bisa mengalami penyakit hemofilia. Tapi faktor risikonya dapat dicegah sejak masa kehamilan, agar tak menambah prevalensi penyakit ini.

Belum ada obatnya

Para peneliti di seluruh dunia bekerja untuk menemukan obat permanen yang dapat menyembuyhkan hemofilia. Tapi hal itu belum terbukti, hanya saja pasien minum obat untuk mengontrol gejala hemofilia.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini