Image

Terjadi Konflik saat Siapkan Pernikahan, Pertanda Apakah Itu?

Vessy Frizona, Jurnalis · Rabu 19 April 2017, 20:19 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 04 18 196 1670733 terjadi-konflik-saat-siapkan-pernikahan-pertanda-apakah-itu-kG2E1NnPgw.jpg Pasangan (Foto: Rd)

TANGGAL pernikahan sudah di tangan. Anda, pasangan, dan keluarga sedang sibuk-sibuknya mempersiapkan hari bahagia itu. Tapi, di tengah perjuangan ini terjadi konflik dengan pasangan. Pertanda apakah itu?

Psikolog Pernikahan, Shauna H Springer Ph.D., mengatakan, beberapa orang melihat konflik yang terjadi dengan pasangan saat mempersiapkan pernikahan mungkin merupakan pertanda buruk. Hilangnya romantisme karena terlalu sibuk memikirkan pernikahan dianggap karena masing-masing pasangan mulai melupakan hubungan mereka.

Tetapi dalam teori pernikahan, pertengkaran yang terjadi sebelum menikah adalah salah satu fase kedua hubungan romantis. Ini merupakan tahap ujian awal yang menguji ketahanan dan perjuangan calon suami-istri.

“Sebab, pada dua tahun pertama pernikahan pasangan akan menghadapi serangkaian ujian yang mungkin saja menyebabkan konflik. Sehingga pertengkaran jelang pernikahan adalah proses dan ujian yang harus dilalui,” terang Springer seperti dikutip Psychologytoday, Rabu (19/4/2017).

Selama praktik sebagai konselor pernikahan ia juga banyak menemukan pasangan lain yang mengalami konflik sebelum menikah dan awal pernikahan. Bahkan fase itu disebut sebagai tahap hubungan yang kasar.

“Ujian ini adalah proses belajar untuk menerima kekecewaan dalam pernikahan kelak. Jadi argumentasi yang terjadi selama menyiapkan pernikahan adalah sinyal bahwa pasangan harus berjuang menghadapi ini,” sambungnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, jika konflik dan kekecewaan tidak terjadi sebelum menikah, kemungkinan suami-istri akan mengalami kecewa yang lebih dalam dan menyakitkan lagi setelah menikah nanti.

(vin)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini