Image

Doyan Bakso, Kenali Dulu Ciri Bakso Berkualitas Sebelum Membelinya di Pasaran

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Selasa 18 April 2017, 19:55 WIB
https: img z.okeinfo.net content 2017 04 18 298 1670817 doyan bakso kenali dulu ciri bakso berkualitas sebelum membelinya di pasaran sFjJZgbAVf.jpg Pilih bakso berkualitas (Foto: Linsfood)

BAKSO bukan lagi makanan langka. Mulai dari masakan rumahan, penjual pinggir jalan hingga restoran mewah banyak yang menyajikan menu bakso sebagai hidangan andalan. Anda salah satu penyuka bakso? Kenali dulu cirinya sebelum membeli.

Membuat bakso sendiri di rumah memang jadi alternatif paling baik tapi ada kalanya keterbatasan waktu dan keahlian membuat orang lebih memilih untuk membeli bakso jadi di pasar. Sah saja membeli bakso di pasaran asalkan paham betul bagaimana kualitasnya. Ditemui beberapa waktu lalu di acara Kuliner Nusantara dengan Bahan Daging Sapi di Cibubur, Chef Dea Anisa memberikan tips memilih bakso sapi berkualitas.

Lihat warnanya

Bakso dengan warna abu-abu menandakan menggunakan daging sapi dalam jumlah cukup banyak. Sementara bakso yang warnanya pucat tandanya banyak menggunakan tepung terigu atau bahan tambahan lain.

Tingkat kekenyalan

Tingkat kekenyalan bakso tergantung kualitas daging sapi yang digunakan. Kalau kualitas daging sapinya bagus maka bakso akan terasa kenyal dan bertekstur garing. Sementara kalau terlalu banyak tepung maka akan bertekstur cenderung kenyal namun keras.

Daya tahan bakso

Bakso termasuk produk pangan yang berpotensi mendapat campuran bahan kimia. Idealnya bakso yang sehat akan bertahan selama kurang lebih empat hari di suhu ruang. Sementara jika masuk ke dalam lemari es atau chiller bisa kuat hinhga seminggu. Lain lagi jika disimpan dalam suhu beku maka bisa bertahan selama tiga hingga enam bulan.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini