Kulit Sering Gatal Bisa Menjadi Gejala Awal Gagal Hati

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Rabu 19 April 2017 12:08 WIB
https: img.okezone.com content 2017 04 19 481 1671107 kulit-sering-gatal-bisa-menjadi-gejala-awal-gagal-hati-g9ITwUpqLG.jpg Ilustrasi (Foto: Boldsky)

PENYAKIT gagal hati terjadi ketika organ tersebut rusak atau tidak lagi mampu berfungsi dengan baik. Gagal hati terjadi secara bertahap, sehingga deteksi dini gejala awalnya sangat penting untuk mencegahnya semakin memburuk.

Gejala-gejala gagal hati cukup sulit untuk didiagnosa. Namun, biasanya gagal hati biasanya diawali dengan gejala-gejala berikut ini:

Penyakit kuning

Penyakit kuning terjadi karena peningkatan blirubin dalam aliran darah dan jaringan tubuh yang akan diekskresikan empedu. Ini adalah salah satu efek dari kerusakan hati pada tubuh.

Perubahan perut

Jika Anda mengalami rasa sakit atau kram di bagian bawah perut dan sangat membengkak, maka harus mewaspadai kerusakan hati. Segera periksa ke dokter untuk memastikan masalah Anda.

Retensi cairan

Retensi cairan adalah salah satu tanda-tanda awal kerusakan hati, terutama di pergelangan kaki dan kaki. Anda harus segera berkonsultasi dengan dokter selama kasus tersebut.

Kulit sering gatal

Kulit menjadi lebih sensitif selama kasus tersebut dan sering menyebabkan gatal-gatal. Anda juga mungkin mengalami memar dan peningkatan visibilitas pembuluh darah.

Sakit perut

Biasanya nyeri pada perut bagian kanan atas dari tulang rusuk hati, di mana tempat hati berada. Jadi, bila mengalami kerusakan hati, bisa ada rasa sakit atau nyeri di daerah yang terkena.

Perdarahan usus

Organ hati membantu pembekuan darah. Jadi, tanpa menjalankan fungsi tersebut, dapat menyebabkan perdarahan usus disertai dengan diare atau sembelit. Demikian sebagaimana dilansir dari laman Boldsky.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini