Tips Mencegah Diri dari Risiko Kerusakan Hati

Dewi Kania, Jurnalis · Rabu 19 April 2017 15:12 WIB
https: img.okezone.com content 2017 04 19 481 1671432 tips-mencegah-diri-dari-risiko-kerusakan-hati-dyYdm1WO6q.jpg Ilustrasi (Foto: Zeenews)

LIVER salah satu bagian organ tubuh manusia yang memegang peranan penting. Karena itu, Anda harus tetap menjaga kesehatannya agar tak terjadi penyakit.

Liver juga merupakan kelenjar terbesar dalam tubuh, yang mendukung organ tubuh lainnya dalam tubuh. Tapi sayangnya, jika terpapar radikal bebas, liver dapat mengalami gangguan yang harus dicegah.

Dilansir Zeenews, Rabu (19/4/2017), berikut adalah tujuh tips untuk menjaga kesehatan liver. Simak yuk dan terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

- Konsumsilah makanan yang kaya serat, seperti buah-buahan segar, sayuran, dan roti gandum.

- Cobalah juga konsumsi makanan kelompok biji-bijian, makanan yang mengandung protein, produk susu, hingga buah yang kaya lemak baik.

- Minumlah air lemon atau jeruk nipis setiap pagi. Cara ini dapat menangkal racun di seluruh bagian organ tubuh, termasuk liver.

- Hindari merokok dan minum alkohol. Dua kebiasaan itu dapat menghancurkan sel-sel hati yang seharusnya tidak terjadi.

- Anda juga harus menjaga berat badan dengan melakukan olahraga rutin.. Selain menjaga kesehatan hati, cara ini juga mencegah obesitas.

- Jangan minum obat sembarangan, termasuk obat berbahan herbal. Obat-obatan tertentu malah menyebabkan hepatitis, yang merupakan penyakit hati.

- Usahakan Anda untuk mendapatkan vaksin hepatitis. Hal ini wajib dilakukan untuk mencegah penyakit hati atau kerusakan hati, yang memicu kematian dini.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini