Waduh! Minuman Beralkohol Penyumbang Penyakit Liver Terbanyak di Dunia

Dewi Kania, Jurnalis · Rabu 19 April 2017 18:04 WIB
https: img.okezone.com content 2017 04 19 481 1671497 waduh-minuman-beralkohol-penyumbang-penyakit-liver-terbanyak-di-dunia-MCnVyo2nl4.jpg Ilustrasi (Foto: Express)

TAK sedikit orang mengonsumsi minuman beralkohol demi terbebas dari beban masalahnya. Padahal kebiasaan itu memicu dampak merugikan, seperti penyakit liver.

Konsultan Asosiasi Gastroenterologi dan Hepatologi Dr Amrish Sahney dari BL Kapur Super Specialty Hospital mengatakan, minuman beralkohol menyumbang kasus terbanyak penyakit liver. Penyakit ini menyebabkan kematian yang seharusnya bisa dicegah.

Sementara itu, dilansir Timesofindia, Rabu (19/4/2017), berikut adalah lima fakta penyakit liver dan kaitannya dengan minuman beralkohol. Baca ulasannya, agar Anda berusaha untuk menjauhi minuman ini dalam kehidupan sehari-hari.

- Minuman beralkohol mengandung toksisitas yang sangat tinggi. Minuman ini bisa menyebabkan penyakit liver, yang menjadi beban penyakit kelima di dunia.

- Penyakit liver merupakan penyebab utama kematian pada orang berusia 15-49 tahun. Mengingat orang-orang di usia produktif paling senang menenggak minuman beralkohol, tanpa melihat risikonya.

- WHO memperkirakan sekira 140 juta penduduk di seluruh dunia menderita ketergantungan alkohol. Kerugiannya dapat menurunkan kualitas hidup dan menjadikan beban ekonomi.

- Minuman beralkohol jelas memicu penyakit hati dengan kondisi berat. Jika tak segara ditangani, penyakit berbahaya ini dapat memicu kematian dini.

- Waspadai, bila Anda kelebihan konsumsi alkohol menyebabkan akumulasi kelebihan lemak di hati sekira 90 persen. Anda lebih berisiko menderita hepatitis alkoholik yang memicu pembengkakan hati.

- Selain penyakit heptitis alkoholik, pasien gangguan hati juga dapat mengalami sirosis. Jika stadium lanjut, usaha untuk menyembuhkan penyakit ini cukup sulit, apalagi dengan pembedahan.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini