Image

Pastikan Beli Matcha Terbaik, Kenali 5 Tips Memilih Matcha Berkualitas

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Kamis 20 April 2017, 08:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 04 20 298 1672087 pastikan-beli-matcha-terbaik-kenali-5-tips-memilih-matcha-berkualitas-rtlwd71b3x.jpg Matcha (Foto: Alison)

BELAKANGAN ini tren matca semakin lama semakin berkembang. Makin banyak makanan dan minuman yang diolah menggunakan bahan tambahan matcha. Tapi hanya matcha berkualitas lah yang menghasilkan hidangan lezat.

Dilansir dari TheDailyTea, Kamis (20/4/2017) berikut panduan untuk mengenali matcha berkualitas. Pasalnya matcha tidak diproduksi dengan kualitas yang sama. Tips berikut ini bisa jadi panduan saat memilih dan hendak membeli bubuk matcha.

Asal daerah

Kualitas bahan baku ditentukan oleh asal daerahnya, demikian juga dengan matcha. Hasil terbaik bubuk matcha berasal dari Jepang. Dua daerah penghasil bubuk matcha berkualitas datang dari kota Nishio di Prefektur Aichi dan Kota Uji di Prefektur Kyoto. Sebanyak 80 persen matcha hasil produksi Jepang berasal dari dua kota ini. Selain dari Jepang, matcha juga diproduksi di China dan juga di Taiwan.

Harga

Kualitas matcha sebanding dengan harganya. Harga yang bervariasi menjadi salah satu patokan kualitas matcha yang Anda beli. Idealnya saat ini 30 gr matcha dibanderol dengan harga USD 26 hingga USD 32 atau kisaran Rp346 ribu sampai Rp426 ribu. Sementara matcha yang dibanderol dengan harga di bawah ini kemungkinan memiliki kualitas yang abal-abal. Matcha berkualitas rendah biasanya akan meninggalkan jejak rasa yang mengganggu baik di mulut maupun area tenggorokan.

Warna

Warna alami matcha adalah hijau gelap khas warna daun teh, jadi semakin hijau gelap matcha maka makin bagus kualitasnya. Semakin terang atau muda warna hijaunya maka menandakan kualitas rendah pada matcha.

Rasa

Matcha yang bagus dan berkualitas, memiliki rasa yang manis alami, aromanya juga khas. Aroma ini berasal dari asam amino yang disebut L-Theanine. Kandungan alami ini akan semakin banyak saat daun teh sudah siap panen. Jika aroma matcha kurang kuat maka tandanya kandungan L-Theaninnya kurang. Rasa matcha yang seperti ini juga cenderung pahit dan tidak enak.

Tekstur halus

Matcha dengan kualitas tinggi akan menghasilkan bubuk dengan partikel yang halus. Saking halusnya bubuk matcha kadang memiliki tekstur mirip eye shadow pada produk kosmetik. Ukuran bubuk matcha hanya 5 sampai 10 mikron yang berarti sangat halus. Tekstur ini akan terasa saat dipegang menggunakan jari.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini