Image

SELAMAT HARI KARTINI: Ada Sosok Kartini Modern Dibalik Perjuangan Melestarikan Kuliner Tradisional

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Jum'at 21 April 2017, 08:05 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 04 20 298 1672772 hari kartini 2017 ada sosok kartini modern dibalik perjuangan melestarikan kuliner tradisional LxeQpHKLCl.jpg Melestarikan kuliner Indonesia (Foto:Cnn)

SESUNGGUHNYA sosok Kartini modern layak disematkan pada setiap perempuan Indonesia yang berpengaruh untuk diri sendiri, keluarga, lingkungan atau bahkan dunia. Di era sekarang, banyak sosok perempuan yang layak mendapat julukan Kartini modern sesuai kontribusi yang diberikan dalam bidang yang digelutinya.

Modernisasi berjalan seiring dengan perkembangan teknologi yang seolah tak bisa di-rem. Gadget dan media sosial kini seolah jadi hal yang sangat diperhitungkan baik untuk mencari popularitas, menyebarkan informasi hingga mempromosikan berbagai hal, termasuk dalam hal kuliner.

Tak heran jika zaman sekarang peran orang-orang dibalik layar gadget sangat diperhitungkan, sebut saja blogger. Menjadi seorang blogger saat ini tidak bisa dianggap remeh pasalnya banyak blogger sukses meraih impiannya karena menggeluti profesi yang sebagian orang masih memandangnya dengan dahi berkerut.

Adalah Andrie Anne, perempuan kelahiran Riau yang menggagas ide dan mengajak beberapa rekannya untuk membuat komunitas khusus untuk para blogger yang menggeluti bidang kuliner. Komunitas ini kemudian diberi nama Indonesian Food Blogger atau disingkat menjadi IDFB.

Berdasarkan dari data yang diperoleh lewat website resminya di www.idfoodblogger.com anggota dari komunitas ini sudah mencapai lebih dari 1.400 food blogger.

Bagi Anne, semakin banyak jumlah anggota komunitas maka semakin banyak keluarga food blogger yang terjalin. Sukses mengajak ribuan blogger yang mayoritas doyan makan dan doyan masak, Anne tampaknya layak disebut sosok Kartini modern pasalnya dari ribuan blogger ini pasti banyak yang mempromosikan kuliner nusantara lewat laman blog pribadinya.

Kartini Modern Mau Berjuang untuk Mencapai Keinginannya

Dihubungi Okezone lewat pesan elektronik, Anne menjabarkan sosok Kartini modern menurutnya adalah wanita-wanita yang tahu apa yang diinginkannya dan mau berjuang untuk mencapai tujuannya.

Setiap perempuan pasti memiliki harapan dan cita-cita yang ingin digapai. Siapa yang bersungguh meraihnya sudah dapat dipastikan akan bekerja keras sampai tujuannya tercapai. Semangat seperti inilah yang coba disampaikan Anne dalam porsinya sebagai perempuan Indonesia.

Hobinya menulis blog tentang kuliner, dianggap Anne sebagai salah satu perjuangan perempuan masa kini khusus dalam bidang yang digelutinya yakni sebagai food blogger. “Perjuangan yang bisa dilakukan oleh Kartini masa kini adalah perjuangan meraih semua cita-cita. Bisa dalam hal karir, keluarga dan lain sebagainya,” kata perempuan ramah kelahiran Riau, 6 November 1974 ini.

 

Lebih lanjut Anne mengatakan, menjadi sosok perempuan sukses tidak melulu harus soal karir. Takaran sukses menurut Anne sangat luas, bahkan sebagai ibu rumah tangga yang sukses pun merupakan cita-cita yang mulia.

“Kalau dalam hal yang saya geluti, foodblogging, perjuangan Kartini mungkin dalam bentuk kemandirian menulis apa yang dia mau tulis, tanpa tekanan dan paksaan dari pihak manapun,” lanjutnya.

Sebagai salah satu agen promosi kekayaan kuliner Indonesia, Anne dan ribuan blogger khusus makanan ini rutin mengulik kuliner Indonesia yang nantinya akan dijadikan bahan tulisan dalam blog yang dikelola masing-masing orang. “Selain kegiatan mengulik kuliner Indonesia, kita juga rutin melakukan challenge atau tantangan dengan tujuan mengangkat kuliner Indonesia ke panggung dunia,” papar Anne.

Hal ini didukung oleh anggota komunitas yang tidak hanya tersebar di kota-kota besar di Indonesia. Blogger yang terdaftar dalam komunitas ini banyak juga yang berasal dari pelosok Indonesia bahkan ada yang berdomisili di luar negeri.

Melestarikan Kuliner Tradisional Bisa Jadi Perjuangan Kartini Masa Kini

Sebenarnya banyak hal yang bisa dilakukan para perempuan demi memberi sumbangsih untuk negeri khususnya di bidang kuliner.

“Salah satu caranya dengan mempertahankan, melestarikan dan mengembangkan kuliner tradisional Indonesia. Jika dimuat dan ditulis dalam blog, perannya tentu sangat besar untuk negeri karena tercatat dan bisa dibaca dari mana saja di seluruh dunia,” beber Anne.

Meskipun milik perorangan, blog berisi kuliner ini tak bisa dipandang sebelah mata. Banyak ataupun sedikit, dari setiap postingan blog ini berisi seputar kuliner nusantara baik itu hasil olahan sendiri maupun hasil review.

Tidak bisa dipungkiri, makanan Indonesia jadi santapan sehari-hari masyarakat Indonesia yang pasti menetap di tanah air. Tapi bagi masyarakat Indonesia yang tinggal di luar negeri, makanan tradisional sudah pasti jadi barang langka yang selalu dinanti.

Kuliner Indonesia jadi hal yang tidak bisa dipisahkan dari Tanah Air. Bukan hanya kekayaan tradisi dan budaya saja yang patut dibanggakan dan dipromosikan ke kancah Internasional tapi kuliner juga jadi hal yang tak bisa dipisahkan. Terlebih kekayaan kuliner Indonesia yang sangat beragam, jadi diperlukan juga berbagai langkah promosi dari berbagai hal.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini