Image

SELAMAT HARI KARTINI: Kesabaran Perempuan Mampu Taklukkan Tingginya Puncak Gunung

Erika Kurnia, Jurnalis · Jum'at 21 April 2017, 10:30 WIB
https img o.okeinfo.net content 2017 04 20 406 1672583 hari kartini 2017 kesabaran perempuan mampu taklukkan tingginya puncak gunung Wa30FgDw4x.JPG Fransiska Dimitri Inkiriwang, Anggota Tim WISSEMU (foto: Instagram/@frandimitri)

KESABARAN perempuan yang lebih daripada pria, diungkapkan Kartini Modern dari The Women of Indonesia's Seven Summits Expedition Mahitala (WISSEMU) Unpar, menjadi kelebihan yang bisa mengantarkan perempuan pada keberhasilan.

Dari pengalaman para Kartini muda ini di bidangnya, yaitu kegiatan mendaki gunung dan pencinta alam, salah satu anggota tim, yaitu Fransiska Dimitri Inkiriwang, melihat kelebihan kebanyakan perempuan.

“Perempuan itu lebih sabar dan egonya nggak tinggi. Sementara bahaya kalau punya ego tinggi, apalagi kalau di gunung. Contoh kalau ego tinggi kesempatan sampai di puncak mungkin nggak akan tepat waktu dan risikonya lebih tinggi,” ujar Fransiska saat diwawancarai Okezone di Jakarta.

Dalam prakteknya, ia mengungkapkan bahwa bergerak terlalu cepat selama pendakian di lingkungan minim oksigen adalah perilaku yang salah dalam mengejar target. Oleh karenanya, kemampuan mengatur ego yang dimiliki oleh kebanyakan perempuan, diakui Fransiska bisa menjadi kunci kesuksesan perempuan.

“Ego tinggi justru bisa jadi backfire, senjata makan tuan saat kegiatan pendakian. Sementara perempuan egonya lebih bisa ditekan dan sabar jadi kelebihan perempuan,” pungkas mahasiswi jurusan Hubungan Internasional Universitas Parahyangan tersebut.

Seperti diketahui, Fransiska adalah salah satu tim WISSEMU, yang kini terdiri dari dua orang bersama Mathilda Dwi Lestari. Sejak 2015, mereka sudah sukses mencapai lima puncak gunung tertinggi di dunia dari tujuh puncak gunung yang menjadi misinya.

Puncak gunung yang terakhir mereka capai adalah puncak Vinson Massive di Antartika, yang pertama kali didaki orang Indonesia. Rekor tersebut mereka catatkan pada awal 2017 ini.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini