nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bunda, Begini Ciri-Ciri Kerusakan Gigi pada Anak

Dewi Kania, Jurnalis · Kamis 20 April 2017 11:04 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 04 20 481 1672147 bunda-begini-ciri-ciri-kerusakan-gigi-pada-anak-9xy1ypu1IG.jpg Ilustrasi (Foto: Boldsky)

ANAK-anak pasti akan mudah mengalami kerusakan gigi akibat berbagai faktor. Bunda harus tahu sebabnya agar mencegah terjadinya masalah ini sejak balita.

Kerusakan gigi mudah dialami anak-anak usia dua hingga lima tahun. Mereka masih cenderung memiliki gigi susu yang sebenarnya harus dirawat dengan baik.

Kerusakan gigi merupakan penyakit akibat keasaman yang dihasilkan oleh bakteri yang merusak enamel gigi. Perlahan-lahan tersebut enamel rusak membentuk lubang atau rongga pada gigi.

Penyebab yang paling sering dari faktor makanan yang dapat merusak gigi. Anak-anak cenderung suka makanan manis, eperti susu UHT, permen, biskuit yang mudah menempel di gigi, dan masih banyak lainnya.

Adapun tanda-tanda kerusakan gigi yang harus Bunda kenali yakni muncul bau mulut, gigi tampak berongga, ada perubahan warna pada gigi dan beberapa masalah lainnya. Konsultasikan dengan dokter gigi agar masalah ini dapat diatas.

Bahkan, perawatannya bisa dilakukan sejak balita. Gunakan kain lembut untuk membersihkannya minimal dua kali sehari.

Ajarkan si kecil agar mau membersihkan gigi sejak balita. Lakukan berbagai cara untuk membujuk mereka agar mau menggosok gigi. Demikian dilansir Boldsky, Kamis (20/4/2017).

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini