Image

Lendir Katak Bisa Menyembuhkan Berbagai Jenis Virus Influenza!

Maria Amanda Inkiriwang, Jurnalis · Kamis 20 April 2017, 12:20 WIB
https img.okeinfo.net content 2017 04 20 481 1672285 lendir katak bisa menyembuhkan berbagai jenis virus influenza oyRwzvqmjQ.jpg Ilustrasi (Foto: Natureworldnews)

KATAK dipandang hewan yang menggelikan, apalagi mereka memiliki lendir pada kulit tubuh. Namun, sebuah penelitian baru menunjukkan, lendir yang dikeluarkan dari kulit katak yang ditemukan di India, dapat bermanfaat membunuh virus influenza.

Hingga saat ini, belum ada obat untuk mengatasi flu secara tuntas. Pengobatan yang dilakukan hanya mampu meredakan gejala.

Menurut periset dari Emory University di Amerika Serikat dan Rajiv Gandhi Center for Biotechnology di Thiruvananthapuram, India, sekresi kulit katak India Selatan dapat menghancurkan berbagai virus influenza H1 yang menyerang manusia.

Dalam percobaan tersebut, para peneliti menemukan ketika cairan diberikan melalui intranasal, salah satu peptida antivirus yang ditemukan di sekresi kulit katak dapat membunuh berbagai virus influenza H1 yang dapat menyerang manusia.

Penelitian ini juga menunjukkan, senyawa tersebut dapat melindungi tikus yang tidak divaksinasi beberapa virus flu. Para peneliti percaya senyawa tersebut berpotensi memberi kontribusi pengobatan anti-viral selama wabah influenza.

Menurut Joshy Jacob, sang peneliti, peptida anti-flu sangat bermanfaat ketika vaksin tidak tersedia. Jacob dan rekan-rekannya menamakan antivirus ini 'urumin'. Secara spesifik, urumin ini mampu melawan secara efektif flu H1 dan virus flu lainnya, seperti H3N2.

Akankah urumin bisa dikembangkan untuk mengatasi wabah flu di berbagai belahan dunia? Kita tunggu penelitian selanjutnya. Demikian disadur dari Zeenews, Kamis (20/4/2017).

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini