Image

Tips Mencuci Stretch Denim agar Tidak Cepat Longgar

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Jum'at 21 April 2017, 13:15 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 04 21 194 1673237 tips-mencuci-stretch-denim-agar-tidak-cepat-longgar-gQw8azJfEo.jpg Tips mencuci celana jeans agar awet (Foto: Wikihow)

CELANA bermaterial denim memang menjadi favorit setiap orang, khususnya anak-anak muda. Kini, bahan denim stretch pun tengah digandrungi.

Stretch denim adalah jenis denim yang bahannya dicampur dengan bahan elastis. Sehingga memungkinkan pemakainya bebas beraktivitas karena bahannya dapat mengikuti lekuk tubuh, khususnya kaki.

Namun terkadang kendala yang dihadapi adalah stretch denim akan menjadi longgar di bagian tertentu setelah dicuci. Bahkan di bagian lutut pun dapat membekas dan longgar jika telah dicuci satu kali. Karena itu, sebaiknya Anda tidak mencucinya terlalu sering.

 

(Foto: Utami / Okezone)

"Setiap denim punya karakter masing-masing. Tapi semakin sedikit dicuci, semakin keren. Karena denim unik," tutur Anita Kristiany selaku Head Product Designer Lee Cooper Indonesia usai acara Fashion Show Preview kolaborasi Lee Cooper dan Creora di Jakarta, Kamis 20 April 2017.

Lalu bagaimana teknik pencucian stretch denim agar tidak longgar dan luntur? Simak ulasannya berikut:

Hindari terlalu banyak deterjen

Hindari penggunaan deterjen terlalu banyak saat mencuci stretch denim. Karena deterjen dapat dibilang sebagai musuh segala macam denim. Penggunaan deterjen yang terlalu banyak dapat membuat celana denim Anda mudah luntur.

Cuci dengan tangan

Mencuci denim dengan tangan adalah cara terbaik agar denim tetap awet. Sebisa mungkin hindari menyikat denim karena dapat membuat benang tertarik keluar dan longgar.

"Pakai air yang banyak tapi deterjen sedikit. Celup-celup aja. Untuk mengeringkannya jangan langsung ke matahari, tapi angin-anginin saja," tutur Anita.

Jangan sering dicuci

Denim juga tidak perlu sering dicuci agar tetap awet. Selain tidak mudah longgar, denim yang jarang dicuci akan memiliki warna yang lebih tajam dibanding denim yang sering dicuci. Sehingga warna denim akan terus seperti saat Anda membeli dan memakainya pertama kali.

"Dari segi perawatan jangan terlalu banyak dicuci. Karena (supaya) warnanya akan terus ada," pungkasnya.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini