Image

Menengok Pulau Penuh Misteri di Daerah Kelahiran RA Kartini

Erika Kurnia, Jurnalis · Jum'at 21 April 2017, 14:14 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 04 21 406 1673145 menengok-pulau-penuh-misteri-di-daerah-kelahiran-ra-kartini-6ij6qsaaaH.jpg Pantai Kartini (Foto: Mytrip)

TANAH kelahiran pahlawan wanita Raden Ajeng Kartini, memiliki banyak tempat-tempat bersejarah penuh misteri. Salah satunya seperti Pulau Mandalika di perbatasan perairan Jepara, yang menjadi objek wisata kepulauan menarik.

Pulau yang memiliki nama serupa daerah di Lombok ini dapat dilihat dari sebuah Benteng Portugis, di daerah Keling, dengan jarak 500 meter. Pulau yang dipenuhi pepohonan hijau ini juga bisa dilihat oleh penumpang kapal Kartini Karimunjawa-Jepara yang biasa melintas di dekatnya.

Dikutip dari berbagai sumber, hal penuh misteri yang menarik untuk dilihat di pulau ini adalah mercusuar dengan beberapa perumahan karyawan, hutan, dan sebuah makam seorang tokoh nayaka kerajaan kuno Ratu Kalinyamat, Sayid Utsman.

Misteri lain dari pulau ini adalah sebuah tanaman khas di Mandalika yang bernama Nongko Celeng. Pohon ini mengeluarkan buahnya dari dalam tanah, tumbuh dari akarnya.

Jika Anda penasaran, Anda bisa ke pulau tersebut dengan menyebrang sekitar 30 menit menggunakan perahu nelayan yang bisa disewa dari desa Ujung Watu.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini