Image

Benjolan di Mulut Bisa Jadi Gejala Awal Kanker

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Jum'at 21 April 2017, 17:04 WIB
https img z.okeinfo.net content 2017 04 21 481 1673529 benjolan di mulut bisa jadi gejala awal kanker 1sGsCZsoTy.jpg Ilustrasi (Foto: Boldsky)

BEBERAPA orang mungkin tidak menyadari gejala kanker tertentu. Karena, biasanya gejala kanker mirip-mirip dengan masalah kesehatan lain.

Mungkin sudah banyak yang mengetahui gejala kanker payudara. Tapi, bagaimana dengan kanker mulut? Gejalanya bisa saja seperti masalah mulut biasa, seperti sariawan.

Nah, selain itu, ada beberapa gejala awal kanker lain yang perlu diwaspadai. Berikut gejala awal kanker yang perlu diwaspadai seperti dilansir dari laman Boldsky:

Benjolan di bawah kulit payudara

Benjolan di jaringan payudara hanya bisa ditemukan melalui pemeriksaan diri. Bila Anda menyadari hal tersebut, segera berkonsultasi.

Kulit gatal

Tubuh mengobati kanker sebagai kanker, maka sistem kekebalan tubuh akan melawannya pada tahap awal. Hal ini akan meningkatkan aliran darah ke daerah tersebut, menyebabkan kulit menjadi gatal.

Luka yang tidak sembuh

Jika Anda melihat ada luka pada kulit yang membutuhkan waktu yang lama untuk sembuh, maka bisa menjadi pertanda kanker. Hal ini adalah salah satu tanda peringatan dini kanker.

Benjolan di mulut

Benjolan yang terjadi di dalam mulut, gusi atau tenggorokan dengan warna putih halus harus segera diperiksa oleh petugas kesehatan. Karena, ini adalah salah satu tanda kanker yang sering diabaikan banyak orang.

Kehilangan nafsu makan dan susah menelan

Jika Anda mengalami masalah saat menelan atau proses pencernaan terpengaruh, maka perlu periksa ke dokter. Hal ini akan memengaruhi kemampuan tubuh untuk mendapatkan nutrisi dari makanan yang Anda makan. Ini adalah salah satu tanda peringatan kanker.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini