Image

Ketika Gula Darah Turun Drastis, Penderita Diabetes Butuh Konsumsi 5 Makanan Ini

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Jum'at 21 April 2017, 18:10 WIB
https img k.okeinfo.net content 2017 04 21 481 1673545 ketika gula darah turun drastis penderita diabetes butuh konsumsi 5 makanan ini MNvivQYdqW.jpg Ilustrasi (Foto: Thehealthsite)

BIASANYA penderita diabetes menggunakan insulin ketika kadar gula darah turun di bawah 80 mg / dL. Dan jika itu terjadi, apa yang harus Anda lakukan?

Nah, bukannya panik, Anda perlu mengonsumsi makanan yang kaya gula sederhana untuk meningkatkan glukosa secara alami dan cepat. Dr Pradeep Gadge, ahli diabetes dari Shreya Diabetes Center, Mumbai, menjelaskan bagaimana mengatasi masalah kadar glukosa darah yang anjlok dengan cepat, dilansir dari laman Thehealthsite:

Gula

Cara cepat untuk meningkatkan kadar glukosa dalam tubuh adalah mengonsumsi gula. Anda bisa makan satu sendok teh gula secara langsung atau mencampurnya ke setengah gelas air, lalu meminumnya sebagai larutan gula untuk hasil yang efektif.

Soda atau minuman manis

Minuman manis sebenarnya bukan dilarang bagi penderita diabetes. Bahkan, minuman manis bisa menjadi penyelemat jika glukosa darah turun di bawah 80 mg / dL.

Jus buah

Cara lain untuk meningkatkan gula darah secara alami adalah dengan minum jus buah. Tambahkan satu sendok teh gula agar glukosa darah yang anjlok cepat kembali normal.

Madu dan gula

Anda bahkan dapat menambahkan satu sendok makan madu dan gula untuk memastikan glukosa darah meningkat. Hal ini karena gula dan madu akan menyediakan energi instan.

Kismis

Anda juga bisa makan 1-2 segenggam kismis jika merasa glukosa darah turun, sehingga membuatnya kembali normal. Cokelat dan biskuit tidak memiliki gula sederhana, karenanya tidak dapat memberikan efek lonjakan glukosa secara instan.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini