Konsumsi Pepaya Berlebihan Bisa Sebabkan Masalah Kesuburan bagi Pria

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Selasa 25 April 2017 22:10 WIB
https: img.okezone.com content 2017 04 25 481 1676011 konsumsi-pepaya-berlebihan-bisa-sebabkan-masalah-kesuburan-bagi-pria-tgqVFKtDoV.jpg Ilustrasi (Foto: Thehealthsite)

MASALAH kesuburan pada pria tidak hanya disebabkan oleh gaya hidup tidak sehat, seperti merokok. Tapi, ada asupan yang dianggap sehat pun dapat menyebabkan masalah kesuburan bagi pria.

Ya, meski kaya nutrisi, pepaya dapat menimbulkan efek samping bagi kesuburan pria jika dikonsumsi berlebihan. Bahkan, konsumsi pepaya berlebihan tidak hanya menyebabkan masalah kesuburan.

Berikut dampak makan pepaya berlebihan seperti yang dilansir dari laman Boldsky:

Kesuburan pria

Pepaya bila dikonsumsi dalam jumlah berlebihan mungkin berdampak buruk bagi reproduksi pria. Hal ini termasuk mengurangi volume sperma pada pria.

Masalah kulit

Jika kulit Anda sudah berubah warna menjadi kekuning-kuningan, terutama di telapak tangan, maka waspada menderita penyakit kulit karotenemia. Hal ini bisa saja disebabkan oleh konsumsi pepaya yang berlebihan.

Pepaya mendapat rona oranye dari betakaroten, nutrisi karotenoid yang memberi Anda vitamin A. Betakaroten dalam jumlah berlebihan dapat menyebabkan masalah kulit.

Gula darah rendah

Pepaya yang telah difermentasi bisa menurunkan kadar gula darah. Mengonsumsi pepaya dalam bentuk ini bisa membuat gula darah terlalu rendah pada orang yang sudah memiliki kadar gula darah rendah.

Jadi, meskipun pepaya adalah buah yang sangat lezat dan bergizi, seseorang harus berhati-hati saat mengonsumsinya. Terutama bagi Anda yang telah memiliki kadar gula darah rendah.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini