nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Syarat Penggunaan Alat Kontrasepsi Aman untuk Wanita

Dewi Kania, Jurnalis · Rabu 26 April 2017 14:10 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 04 26 481 1676464 syarat-penggunaan-alat-kontrasepsi-aman-untuk-wanita-LcCE9A7XOi.jpg Ilustrasi (Foto: KSL)

SEBELUM memasang alat kontrasepsi, ada hal yang harus diperhatikan. Ini harus Anda ingat supaya tidak mengganggu kesehatan reproduksi.

Guru Besar Ilmu Obstetri dan Ginekologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Prof Dr dr Biran Affandi, SpOG(K), FAMM, menjelaskan, wanita yang sudah menikah disarankan untuk memakai alat kontrasepsi. Manfaatnya cukup menguntungkan dirinya, seperti merencanakan kehamilan yang tepat waktu.

Prof Biran yang praktik di RSCM Kencana Ibu dan Anak itu membeberkan syarat yang harus diikuti sebelum memasang alat kontrasepsi. Simak empat ulasan berikut yang dirangkum Okezone, Rabu (26/4/2017).

Tidak sedang hamil

Wanita yang ingin menggunakan kontraspesi jangan sewaktu hamil. Waktu yang tepat yakni ketika usai melahirkan plasenta atau sedang menstruasi di waktu normal.

Sebelum usia menopause

Wanita produktif sangat disarankan untuk menggunakan kontrasepsi seperti suntik, pil, IUD, atau implan. Kemudian, usai memasuki waktu menopause, diharapkan tidak menggunakan alat kontrasepsi itu karena risikonya besar.

"Kalau usia menopause enggak usah dipasang. Sudah pasti enggak bisa hamil dan sel telurnya sudah tua, risikonya besar," ujar dr Biran, saat ditemui di kawasan Cikini, Jakarta Pusat.

Usia tidak terlalu muda

Tak sedikit wanita di Indonesia menikah di bawah usia 20 tahun. Dampaknya cukup buruk dalam membangun rumah tangga, yakni memicu tingginya perceraian. Seacara fisik dan mental, wanita usia muda belum siap untuk memiliki anak dan menikah untuk mencegah dampak tersebut.

"Kalau usia yang terlalu muda itu mental emosionalnya belum siap. Mereka itu hanya memerhatikan body image saja," kata dr Biran.

Tidak ada masalah kesehatan fisik

Terakhir, saat memasang alat kontrasepsi juga harus memerhatikan kesehatan fisik. Jika memiliki masalah di sekitar rahim yang berkaitan dengan hormonal, bisa membuat wanita tidak nyaman saat menggunakan alat pencegah kehamilan itu.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini