nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 Dampak Buruk Begadang Setiap Malam bagi Kesehatan Anda

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Rabu 26 April 2017 22:30 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 04 26 481 1677240 4-dampak-buruk-begadang-setiap-malam-bagi-kesehatan-anda-XUSIpFDzFe.jpg Ilustrasi (Foto: Boldsky)

KABAR buruk buat Anda yang suka tidur sangat larut malam, atau begadang. Karena, begadang dapat berdampak buruk bagi kesehatan Anda.

Anda setidaknya harus tidur minimal 7-8 jam setiap malam. Jika tidak, tubuh akan mengalami penurunan kekebalan. Berikut dampak dari begadang setiap malam yang perlu diketahui dilansir dari laman Boldsky:

Berat badan naik

Berat badan berbanding lurus dengan kurang tidur. Jika Anda tidak tidur minimal 6 jam di malam hari, metabolisme lemak akan terganggu. Semakin banyak Anda begadang di malam hari, maka akan cenderung mengunyah makanan tinggi lemak.

Sistem kekebalan tubuh lemah

Tidur larut malam menghancurkan sel darah putih Anda yang memberi kekebalan tubuh. Itulah mengapa ketika begadang tubuh menjadi lemas.

Penyakit jantung

Tidur terlalu larut malam secara konsisten membuat Anda rentan terhadap penyakit jantung. Kurang tidur adalah salah satu penyebab utama meningkatnya jumlah penderita penyakit jantung.

Diabetes

Begadang setiap malam dapat merusak keseimbangan hormon tubuh Anda. Hal ini dapat membuat glukosa tidak toleran, sehingga sebagai jumlah insulin yang dihasilkan tubuh Anda menurun. Hal ini pada akhirnya dapat menyebabkan diabetes.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini