Bingung Cara Membersihkan Lobster, Lihat Dulu Video Ini

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Sabtu 29 April 2017 13:05 WIB
https: img.okezone.com content 2017 04 28 298 1678961 bingung-cara-membersihkan-lobster-lihat-dulu-video-ini-CSJ0fAa5U6.jpg Cara membersihkan lobster (Foto:Bananamondaes)

PECINTA seafood mana yang berani menolak suguhan lobster? Daging empuk yang kenyal serta rasanya yang gurih menjadikan lobster jadi santapan nikmat bagi para pecinta kuliner laut ini.

Berniat memasak lobster di rumah tapi bingung cara membersihkannya? Ya, tidak dipungkiri lobster memang jarang jadi olahan masakan di rumah jadi tidak banyak yang tahu bagaimana cara menyiangi lobster sebelum dimasak. Tapi video ini memberikan jawaban untuk Anda.

Dari Youtube terlihat satu video yang memperlihatkan langkah membersihkan lobster. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menarik kepala lobster hingga yang tersisa hanya bagian badan dan ekornya.

Kenakan sarung tangan agar tangan Anda terlindungi dari goresan kulit lobster yang cukup tajam. Putar perlahan bagian kepala lobster lalu tarik hingga kepala terpisah dari bagian badannya. Hal ini tidak sulit dilakukan, sama halnya seperti menarik kepala udang.

Selanjutnya adalah membersihkan kotoran lobster dengan teknik khusus. Ambil satu bagian kumis lobster yang berukuran agak besar kemudian tusukkan ke lubang anus lobster yang terletak di dekat ekor. Tusuk hingga cukup dalam dengan gerakan memutar dan tarik perlahan.

 

Cara ini dilakukan untuk mengeluarkan kotoran dari dalam perut lobster. Jika kotoran sudah dikeluarkan maka lobster bisa diolah dengan mudah. Kotoran ini akan menghasilkan rasa pahit dan aroma kurang sedap jika tidak dibersihkan.

Jika sudah bersih maka lobster bisa langsung diolah dengan teknik dan bumbu sesuai selera. Bersiaplah menikmati daging lembut dan gurih dari olahan lobster.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini