Sejak Usia Berapa Anak Dikenalkan Membaca?

Vessy Frizona, Jurnalis · Senin 01 Mei 2017 09:26 WIB
https: img.okezone.com content 2017 04 29 196 1679579 sejak-usia-berapa-anak-dikenalkan-membaca-EIlOshE2cT.jpg Pameran buku mendorong minat baca anak-anak (Foto: Vessy/Okezone)

MENGENALKAN membaca kepada anak sejak dini penting untuk mendorong minat baca si buah hati. Namun, jangan paksakan mereka belajar membaca sebelum usianya ya moms.

Pameran buku murah Big Bad Wolf 2017 yang sedang berlangsung di ICE BSD Tangerang memang dikhususkan menjual buku untuk anak-anak dan buku parenting. Sehingga pengunjung yang datang juga kebanyakan keluarga muda, orangtua bersama anak-anaknya.

Buku murah membuat orangtua antusias membelikan anak buku-buku agar suka dan cepat bisa baca. Tapi tahukah Anda berapa usia yang tepat mengajarkan membaca?

Psikolog Anak, Vera Itabiliana mengatakan mengenalkan anak dengan dunia membaca itu bagus. Sejak di dalam kandungan orangtua sudah bisa mengenalkannya.

"Misalnya dengan ibu yang rajin membaca atau ke toko buku. Seperti di Jepang, kebiasaan orangtua membaca menular ke anak. Jadi sejak dalam kandungan anak sudah mengenal dunia baca," kata Vera kepada Okezone beberapa waktu lalu.

Namun, psikolog lulusan Universitas Indonesia ini menekankan, jangan memaksakan anak belajar membaca, menulis, dan berhitung sebelum usianya. Sebab, terlalu cepat mengajarkan anak baca, tulis, hitung, sama saja merenggut masa bermain mereka.

"Sebaiknya mengajarkan anak membaca, tulis, hitung ketika usia 7 tahun. Sebelum usia tersebut tidak wajib dan anak hanya boleh dikenalkan. Lain halnya jika anak sendiri yang meminta dan mau diajarkan membaca," terangnya lebih lanjut.

Pameran Big Bad Wolf dibuka selama 12 hari dari 21 April-2 Mei 2017. Pameran ini berlangsung 24 jam.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini