5 Manfaat Datang ke Posyandu bagi Ibu dan Anak

Dewi Kania, Jurnalis · Sabtu 29 April 2017 10:02 WIB
https: img.okezone.com content 2017 04 29 481 1679341 5-manfaat-datang-ke-posyandu-bagi-ibu-dan-anak-1QTczQwpXJ.jpg Ilustrasi (Foto: Organicsunshine)

PEMERINTAH telah menyelenggarakan program posyandu sejak dulu. Tujuannya untuk memonitor kesehatan ibu dan anak setiap bulannya.

Karena itu, bunda tidak boleh melewatkan untuk mengantar anaknya ke posyandu. Ada lima manfaatnya yang harus Anda tahu, sebagaimana dirangkum Okezone, Sabtu (29/4/2017).

Memonitor berat badan dan tinggi badan bayi setiap bulan

Datang ke posyandu bunda dan si kecil akan dilayani oleh petugas kesehatan dengan ramah. Pertamanya, mereka akan menimbang dan mengukur berat badan si kecil sesuai grafik. Jika ada sedikit masalah, perutas akan memberi tahu tindakan lebih lanjut. Memantau berat badan si kecil harus dilakukan setiap bulan agar tumbuh kembangnya tetap normal.

Konsultasi dengan petugas kesehatan

Saat si kecil mengalami sesuatu hal yang menghambat tumbuh kembangnya, bunda dapat bertanya langsung, serta cari tahu jawabannnya. Di sela konsultasi, bunda bisanya mendapatkan jawaban dan solusi yang tepat, seperti misalnya belajar memberikan ASI, MPASI, perkembangan gerak anak, dan lain sebagainya.

Mengontrol gizi si kecil

Lewat posyandu, bunda juga dapat mencari informasi seputar gizi seimbang. Petugas kesehatan dengan senang hati memberikan jawabannya dengan gamblang. Biasanya, bunda dikenalkan dengan ASI eksklusif dan jenis variasi makanan yang diberikan pada bayi, agar tak membahayakan kesehatannya.

Bayi dapat imunisasi

Ada kalanya posyandu juga mendatangkan dokter untuk mengimunisasi si kecil. Biasanya imunisasi yang diberikan di posyandu brupan polio oral, campak, hepatitis, dan program imunisasi lainnya yang dicanangkan pemerintah.

Mendapatkan vitamin A setiap bulan

Bayi juga sangat membutuhkan vitamin A rutin. Manfaatnya untuk meningkatkan kesehatan mata, meningkatkan kekebalan tubuh, serta fungsi lainnya yang mendukung tumbuh kembang si kecil.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini