Alasan Bunda Harus Kontrol Berat Badan Anak di Posyandu

Dewi Kania, Jurnalis · Sabtu 29 April 2017 15:15 WIB
https: img.okezone.com content 2017 04 29 481 1679387 alasan-bunda-harus-kontrol-berat-badan-anak-di-posyandu-BlY5IDbguJ.jpg Ilustrasi (Foto: Youtube)

MOMS, setiap bulan Anda wajib mengontrol berat badan si kecil agar tumbuh kembangnya tetap normal. Agar tak merasa kesulitan, Anda dapat melakukannya di posyandu.

Spesialis Konsultan Tumbuh Kembang, Pediatri Sosial dari Surabaya Dr dr Ahmad Suryawan, SpA(K) mengatakan, setiap bulan anak harus dipantau berat badan dan tingginya. Karena dua faktor itu menentukan apakah anak mendapatkan gizi yang baik, atau sebaliknya.

"Ibunya bisa mengantarkan anaknya ke posyandu minimal untuk timbang badan bayi. Setiap bulan harus dikontrol untuk mencegah underweight atau overweight," ujarnya saat ditemui di kawasan Gondangdia, baru-baru ini.

Karena permasalahan kesehatan yang dihadapi anak saat ini tidak cuma obesitas. Mereka juga banyak yang mengalami berat badan kurang tanpa disadari.

Kondisi kedua faktor itu dipicu oleh kejadian malnutrisi. Sepatutnya, anak sudah tidak lagi mengalami hal ini di era modern.

Mengingat saat ini bila tumbuh kembang anak terganggu, kecerdasannya pun bermasalah. Begitu juga di masa mendatang, anak jadi mudah mengalami penyakit tidak menular yang mengancam nyawa lebih cepat.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini