nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lebih Jeli Mengenal 5 Faktor Pemicu Serangan Asma ​

Maria Amanda Inkiriwang, Jurnalis · Senin 01 Mei 2017 08:10 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 04 29 481 1679450 lebih-jeli-mengenal-5-faktor-pemicu-serangan-asma-8203-Q60VpLWHhA.jpg Ilustrasi (Foto: Verywell)

ASMA menyebabkan sesak napas akibat saluran napas di paru-paru yang meradang. Selama serangan asma, saluran napas menjadi semakin bengkak dan otot-otot di sekitar saluran udara bisa mengencang.

Melansir laman CDC, Senin (1/5/2017), berikut hal-hal yang menjadi pemicu asma.

Asap tembakau

Selain tidak menyehatkan semua orang, asap tembakau membawa kerugian ekstra bagi para penderita asma. Asap rokok menjadi faktor pemicu serangan asma.

Tungau debu

Tungau adalah serangga kecil yang berada hampir di setiap rumah. Bagi penderita asma, tungau bisa menjadi pemicu serangan asma. Ada baiknya menjaga kebersihan di setiap sudut rumah untuk mencegah terjadinya serangan asma.

Polusi udara

Polusi udara luar, seperti asap mobil, asap pabrik, dan lainnya dapat memancing terjadinya asma. Untuk meminimalkan serangan, Anda bisa mengenakan masker selama bermotor.

Hewan peliharaan

Bagi pencinta hewan yang memiliki asma, pasti menyedihkan harus berada jauh-jauh dari hewan peliharaan. Bulu dari hewan peliharaan bisa memicu serangan asma. Bila Anda ingin tetap bersama hewan kesayangan, tak ada salahnya sering memvakum lantai, kursi, karpet, kasur, dan perabot lainnya.

Pemicu lain

Influenza, sinus, latihan fisik yang berat, serta emosi, juga menjadi faktor lain terjadinya serangan asma. Anda perlu menghindari faktor risiko untuk meminimalkan gejala serangan. Misalnya, tetap menjaga kesehatan tubuh agar terhindar dari flu atau jangan terlalu melakukan aktivitas fisik yang berat.

(hel)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini