nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Rutin Latihan Yoga Efektif Kurangi Gejala Gangguan Menstruasi

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Sabtu 29 April 2017 19:35 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 04 29 481 1679615 rutin-latihan-yoga-efektif-kurangi-gejala-gangguan-menstruasi-tBJRBjmaE0.jpg Ilustrasi (Foto: Zeenews)

ADA alasan penting mengapa wanita perlu rutin melakukan latihan yoga. Sebuah studi baru mengungkapkan, berlatih yoga dapat membantu mengurangi rasa sakit pada wanita menstruasi.

Untuk penelitian ini, para peneliti melakukan tinjauan sistematis terhadap literatur yang dipublikasikan tentang latihan toga dan gangguan menstruasi.

Suasana hati yang meningkat, berkurangnya rasa sakit, peningkatan kesejahteraan dan respon relaksasi yang meningkat merupakan salah satu perbaikan yang dilaporkan oleh wanita rutin beryoga.

Jennifer Oates dari King College London menilai bukti dari 145 studi yang dipublikasikan mengenai efek latihan yoga terhadap masalah seperti, amenore, oligomenore, dismenore, sindrom pramenstruasi dan gangguan dysphoric pramenstruasi.

Berbagai intervensi yoga digunakan dalam penelitian ini. Beberapa penelitian menggunakan kombinasi yoga Asana, Pranayama, dan teknik relaksasi atau meditasi lainnya.

Semua penelitian yang dievaluasi melaporkan efek yang menguntungkan. Gejala gangguan menstruasi berkurang dengan latihan yoga.

"Semua studi yang disertakan melaporkan beberapa perubahan, menunjukkan berkurangnya gejala tekanan menstruasi setelah intervensi yoga," tulis studi tersebut yang dikutip Zeenews, Sabtu (29/4/2017).

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini