Serba-serbi Khasiat Putih Telur untuk Kecantikan yang Gampang Dibuat

Afiza Nurmuseriah/Pradita Ananda, Jurnalis · Minggu 30 April 2017 12:31 WIB
https: img.okezone.com content 2017 04 30 194 1679714 serba-serbi-khasiat-putih-telur-untuk-kecantikan-yang-gampang-dibuat-IsCCMmy5VD.jpg Putih telur (Foto: Indianbeauty)

MESKI berbau amis jika diolah mentah, telur kaya akan protein. Karenanya banyak yang menyarankan telur sebagai sumber protein hewani untuk dikonsumsi.

Namun lebih dari itu, ternyata putih telur diyakini memiliki banyak khasiat sebagai bahan alami untuk perawatan kecantikan. Lantas, apa istimewanya putih telur? Berikut adalah beberapa fakta menarik tentang putih telur dan khasiatnya untuk perawatan kulit. .

Mengencangkan dan wajah bebas kerutan

(Foto: Dconheels)

Putih telur sangat baik untuk mengencangkan kulit. Putih telur juga baik untuk mengecilkan pori-pori yang besar pada kulit berminyak. Sementara, enzim lisozim di dalamnya bisa membunuh bakteri penyebab jerawat. Dikutip Wikihow, berikut resep masker putih telur.

Bahan-bahan

1 butir telur

10.5 ml madu

7.5 ml air lemon

Cara membuat

1. Campurkan semua bahan menjadi satu. Telur, madu dan air jeruk lemon dalam satu mangkuk. Kemudian kocok dengan menggunakan garpu;

2. Dapatkan tekstur yang sedikit foamy, ini akan membutuhkan waktu 1 hingga 2 menit mengocok;

3. Setelah mendapatkan tekstur tersebut, aplikasikan merata ke seluruh wajah. namun pastikan sebelumnya wajah Anda benar-benar bersih sebelum mengaplikasikan masker;

4. Anda juga bisa mengaplikasikan dengan berlayer, ini akan membuat masker ini semakin bermanfaat dan hindari area mata;

5. Diamkan selama setengah jam, setelah seluruh wajah tertutupi masker dan terasa kering serta kencang itu berarti pori-pori Anda telah terbuka dan kotoran terangkat;

6. Setelah itu, cuci dengan air biasa, keringkan dan oleskan serum dan moisturizer.

Mencerahkan Wajah

(Foto: Vitlprotein)

Siapa sih yang tidak ingin memiliki wajah cerah, bersih, nan merona jauh dari kata kusam? Baik itu pria ataupun wanita, rasanya semua orang tentu ingin memiliki wajah yang bersih dan cerah.

Memperoleh warna kulit cerah, sebenarnya tidaklah sulit. Salah satunya bisa dengan memanfaatkan putih telur yang dicampur dengan air perasan lemon. So, bagaimana cara membuat masker putih telur untuk mencerahkan warna kulit wajah? Sontek panduannya berikut ini yuk!

Bahan-bahan

2 butir telur, ambil dan gunakan bagian putihnya saja

2 sendok teh air perasan lemon

2 sendok makan minyak zaitun

Air mawar secukupnya

Cara aplikasi masker

1. Tuang 2 putih telur dalam satu wadah mangkuk. Campurkan dengan air perasan lemon dan minyak zaitun;

2. Ambil sebuah garpu, kocok merata hingga semua bahan tercampur. Letakkan di lemari pendingin selama 30 menit;

3. Sementara menunggu putih telur dingin, bersihkan wajah dengan menyapukan kapas yang sudah dibasahi dengan air mawar;

4. Setelah putih telur sudah dingin, sapukan ke area wajah secara merata dengan bantuan kuas make-up yang sebelumnya sudah dibersihkan;

5. Sapukan satu lapis, tunggu 5 menit, lalu sapukan lagi lapisan kedua hingga masker benar-benar habis. Diamkan sesaat, tunggu hingga masker benar-benar kering seluruhnya;

6. Lepaskan lapisan masker dengan cara menarik masker dengan arah dari bawah ke atas. Bilas bersih wajah dengan air dingin dan oleskan pelembap yang biasa digunakan.

Tips

Untuk hasil ideal, lakukan ritual masker putih telur ini rutin dua kali dalam sepekan..

Mengatasi Rambut Berminyak

(Foto: Longhairstyles)

Rambut berminyak tidak hanya membuat tampilan rambut menjadi kurang bagus, karena terlihat lepek. Keadaan rambut yang berminyak juga cenderung akan memunculkan masalah lain pada rambut, seperti kusut, tersumbatnya poi-pori di kulit kepala hingga timbulnya jerawat di kulit kepala.

Buat Anda yang memiliki kondisi rambut berminyak, ada kabar gembira lho. Bahwasanya rambut berminyak bisa dikurangi dengan pemakaian putih telur sebagai hair mask. Seperti apa caranya? Berikut uraiannya.

Bahan-bahan

2 putih telur

1 sendok makan madu

1 sendok makan minyak zaitun

Cara aplikasi hair mask

1. Campurkan semua bahan di atas dalam satu wadah, aduk merata;

2. Balurkan ke area kulit kepala dengan menggunakan dua ruas jemari tangan, balurkan dengan cara mengikuti garis kulit kepala;

3. Ketika hair mask sudah dibalurkan merat, bungkus kepala dengan menggunakan shower cap;

4. Diamkan kurang lebih selama 15-20 menit hingga hair mask terasa kering dan melekat erat;

5. Bersihkan kulit kepala dan rambut dengan sampo (penggunaan sampo adalah optional alias sesuai keinginan masing-masing).

Tips

Untuk hasil ideal, rutin gunakan hair mask ini satu hingga dua kali dalam satu bulan.

Mengatasi Jerawat

(Foto: Shutterstock)

Tak hanya baik untuk dikonsumsi, manfaat telur ternyata juga bisa digunakan untuk perawatan kecantikan. Salah satunya untuk pencegahan dan menghilangkan jerawat.

Sebab selain protein, telur juga mengandung vitamin A yang tinggi yang mana merupakan turunan retinol yang bisa menghilangkan jerawat. Terlebih bila dicampurkan dengan madu yang bisa menghilangkan bakteri yang terdapat pada jerawat dan menghaluskan kulit. Lantas, bagaimana merasakan manfaat dari telur ini? Yuk bikin maskernya dengan cara berikut ini.

Bahan

1 butir telur, baiknya telur organik

21 ml madu

Cara membuat

1. Kocok telur hingga tercampur. Kemudian tambahkan madu, kocok lagi hingga merata;

2. Setelah masker siap, aplikasikan pada wajah. Utamakan area wajah yang terdapat jerawat, diamkan selama 20 menit;

3. Setelah 20 menit, cuci wajah dengan air bersih dan keringkan dengan handuk yang lembut. Lanjutkan dengan moisturiser atau serum. Untuk hasil yang optimal lakukan perawatan ini dua kali dalam seminggu.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini