Beri MPASI si Kecil Jangan Kurang dari Usia 6 Bulan

Dewi Kania, Jurnalis · Minggu 30 April 2017 19:41 WIB
https: img.okezone.com content 2017 04 30 481 1680057 beri-mpasi-si-kecil-jangan-kurang-dari-usia-6-bulan-EInADgsbAy.jpg Ilustrasi Pemberian MPASI pada Bayi (foto: Amusingtime)

BAYI idealnya mendapatkan MPASI di usia 6 bulan pas. Jangan berikan makanan pertamanya lebih atau kurang, karena berbahaya bagi pencernaan si kecil.

Ditegaskan Prof Dr dr Budi Setiabudiawan SpA(K) MKes, bayi tidak boleh dapat makanan pertamanya kurang dari usia ideal. Karena hal ini bisa memicu anak alami alergi.

"Banyak anak yang diberikan MPASI pertamanya kurang dari enam bulan, lalu dia alergi dengan makanan," kata dr Budi ditemui di Senopati, Jakarta Selatan, belum lama ini.

Begitu juga jika diberikan lebih dari enam bulan. Sel pencernaan yang seharusnya siap mendapatkan makanan padat, justru terhambat.

Karena itu, Bunda harus tahu waktu ideal dan risikonya bila tidak memberi makan anak tepat waktu. Adapun menu makanan yang didapatkan teksturnya juga harus lembut, tanpa tambahan gula dan garam.

"Beri makanan anak sesuai usianya. Teksturnya, jenis makanan, dan aspek lainnya. Jika salah percuma saja, bayi dapat ASI eksklusif, tapi pemberian MPASI-nya tidak benar," pungkasnya.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini