Mengenal Penyebab Bau Kaki dan Cara Mengatasinya

Annisa Amalia Ikhsania, Jurnalis · Senin 01 Mei 2017 15:19 WIB
https: img.okezone.com content 2017 05 01 194 1680390 mengenal-penyebab-bau-kaki-dan-cara-mengatasinya-1mwKR9Yawk.jpg Bau kaki (Foto: Huffingtonpost)

MASALAH bau kaki bisa membuat seseorang menjadi tidak percaya diri. Hal tersebut juga bisa menyebabkan ketidaknyamanan bagi orang-orang di sekitar Anda.

Lantas, apa sebenarnya faktor utama penyebab bau kaki? Dituturkan dr Erika M. Schwartz, DPM, FACFAS, dari American Podiatric Medical Association, jika kaki setiap orang memiliki sekira setengah juta kelenjar keringat yang memicu timbulnya keringat.

"Ketika Anda menggunakan kaos kaki dan sepatu, keringat akan terjebak di dalamnya. Sementara, bakteri dan jamur bisa tumbuh di lingkungan yang hangat serta lembap. Inilah yang bisa memicu masalah bau pada kaki," tutur dr Erika, seperti dilansir HuffingtonPost, Senin (1/5/2017).

Lebih lanjut, cara untuk meminimalisir masalah ini bukan hanya pada bagian kaki saja. Melainkan juga dari kaos kaki dan sepatu yang dikenakan. Bagi Anda yang memiliki masalah bau kaki, berikut adalah trik yang bisa dilakukan.

Mencuci kaki dengan tepat

Kaki kerap menjadi bagian tubuh yang luput dari perhatian. Padahal dalam membersihkannya, ada trik tersendiri yang bisa menjauhkan dari masalah bau kaki.

Menurut dr Mark A. Kosinski, DPM, FIDSA, seorang profesor dari New York College of Podiatric Medicine, cucilah kaki menggunakan sabun antibakteri setiap hari. Kemudian, keringkan kaki menggunakan handuk, berikan perhatian lebih pada area antar jari.

Gunakan ramuan bahan alami

Dituturkan Schwartz, ramuan bahan alami, seperti garam, teh, dan cuka apel bisa mengurangi masalah bau pada kaki. Anda bisa mencampurkan garam, 4-5 kantung teh, atau cuka apel ke dalam air, kemudian rendam kaki di dalamnya.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini