Tips Praktis Memotong Bawang Merah Tanpa Bikin 'Nangis'

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 02 Mei 2017 07:38 WIB
https: img.okezone.com content 2017 05 01 298 1680647 tips-praktis-memotong-bawang-merah-tanpa-bikin-nangis-zDUIUC2g9Z.jpg Ilustrasi (Foto: Livestrong)

BAWANG merah merupakan salah satu bumbu dapur yang paling sering digunakan dalam berbagai jenis masakan. Namun ternyata, masih banyak yang belum mengetahui trik ampuh memotong bahan baku tersebut tanpa menyebabkan iritasi mata.

Tidak perlu khawatir. Okezone berhasil merangkum 3 tips ampuh memotong bawang merah, sebagaimana dikutip dari WikiHow, Selasa (2/5/2017).

Gunakan pisau yang sangat tajam

Menggunakan pisau tajam akan memotong bawang merah tetapi tidak menghancurkannya, sehingga enzim yang dilepaskan akan lebih sedikit. Terlepas apakah Anda juga menggunakan trik yang berbeda, gunakan selalu pisau yang tajam saat memotong bawang, agar prosesnya jadi lebih cepat selesai.

Masukkan ke dalam freezer

Dinginkan bawang merah di dalam freezer selama 10 - 15 menit sebelum memotongnya. Cara ini akan mengurangi jumlah enzim asam yang dilepaskan ke udara dan tidak berefek terhadap rasa bawang merah Anda. Mendinginkan bawang merah juga disebut sebagai "cara yang paling efektif untuk mengurangi air mata" oleh program televisi "Food Detectives".

Potong bawang merah di dalam air.

Metode ini sebenarnya efektif, tetapi sulit dilakukan. Di dalam air, potongan bawang akan mengambang ke mana-mana terkecuali jika Anda memegang dan mengambilnya serta membuang airnya. Jika tidak dilakukan dengan benar, cara ini hanya akan menyulitkan Anda.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini