nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bila Terjadi Kecelakaan Pesawat, Kursi Belakang Paling 'Aman'?

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Selasa 02 Mei 2017 06:15 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 05 01 406 1680492 bila-terjadi-kecelakaan-pesawat-kursi-belakang-paling-aman-0LOqZGhDdq.jpg Ilustrasi (Foto: Yahoo)

PARA ahli mengatakan, ada hal lain yang perlu diingat saat memilih posisi tempat duduk di pesawat. Mereka mengungkap bahwa beberapa kursi dikatakan lebih aman daripada yang lain.

Beberapa orang cenderung menghindari kursi bagian tengah belakang pesawat karena sering dilalui orang mondar-mandir ke toilet, padahal baris tersebut dikatakan lebih aman. Time mengklaim kursi tengah bagian belakang pesawat memiliki tingkat kelangsungan hidup tertinggi.

Publikasi tersebut melihat data dari 35 tahun terakhir. Mereka menemukan duduk di bagian belakang pesawat memiliki tingkat kematian 32 persen, dibandingkan dengan 39 persen di tengah dan 39 persen di depan.

Temuan yang dilaporkan oleh Huffingtonpost menyatakan, penumpang di dekat ekor pesawat sekira 40 persen lebih mungkin untuk bertahan hidup dalam kecelakaan daripada di depannya.

Penasaran dengan kursi mana yang memiliki tingkat kematian tertinggi? Menurut Time, kursi di tengah pesawat bisa jadi salah satu yang harus dihindari.

Namun, Alison Duquette, juru bicara Federal Aviation Administration menjelaskan, semuanya tergantung pada pesawat dan kecelakaannya, baik itu di dalam air, di dekat landasan pacu, dari yang menukik atau tabrakan dengan benda lain.

"Setiap kejadian atau kecelakaan itu unik. Tidak ada kursi teraman," ungkapnya yang dikutip Yahoo, Selasa (2/5/2017)

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini