nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Makanan yang Dikira Sehat Ini Ternyata Bisa Menyebabkan Radang

Maria Amanda Inkiriwang, Jurnalis · Senin 01 Mei 2017 10:10 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 05 01 481 1680268 makanan-yang-dikira-sehat-ini-ternyata-bisa-menyebabkan-radang-TRwN51EfB0.jpg Ilustrasi (Foto: Independent)

TAK sedikit orang hingga kini terobsesi membatasi asupan lemak untuk menurunkan berat badan dan mengurangi risiko penyakit tidak menular. Namun, sebuah riset dari seorang ahli jantung mengatakan, tidak semua makanan yang sekiranya bernutrisi, betul-betul sehat 100 persen.

Ahli jantung, ahli bedah jantung, dan ahli penyakit autoimun, Seteven Gundry menjelaskan bahwa banyak sekali makanan yang bernutrisi adalah makanan yang menyebabkan masalah pencernaan.

Dalam seubah artikel Mind Body Green, Gundry mengatakan ada satu protein tanaman yang menciptakan masalah pada sistem pencernaan kita, yakni lektin.

"Protein kecil ini hidup di dalam tanaman tertentu dan bertindak sebagai mekanisme pertahanan dengan membuat predator saat dimakan," terangnya.

Lektin ditemukan pada makanan seperti tepung gandum, kacang mete, kacang polong, terong, jagung, beras merah, tomat, dan biji bunga matahari. Makanan ini umumnya dianggap sehat.

"Lektin adalah sejenis protein yang rentan terhadap berbagai bakteri, penyakit, dan virus. Lektin memaksa karbohidrat berkelompok dan menempel pada sel tertentu pada tubuh saat Anda memakannya," tambah Gundry.

Seringkali, lektin dapat menghalangi sel-sel penting untuk "berkomunikasi" satu sama lain. Bila itu terjadi, Gundry menambahkan, respon tubuh biasanya timbul peradangan atau beberapa jenis reaksi terhadap tolksisitas, seperti mual, diare, dan muntah.

"Terobosan dalam komunikasi seluler juga bisa mengakibatkan gejala kelelahan atau kelupaan pada sel tersebut," katanya.

Tapi Gundry yakin, setiap orang mampu memperbaiki kesehatan dengan mengurangi asupan lektin. Alih-alih roti gandum, ia menyarankan untuk mengonsumsi roti putih. Kemudian, mengupas kulit tomat dan membuang bijinya sebelum makan.

Mengurangi asupan kacang mete dan lebih memilih makan kemiri, kenari, atau macadamia. Demikian disadur dari laman Independent, Senin (1/5/2017).

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini