Salah kalau Pilih Mangga Matang Hanya dari Warnanya, Simak Tipsnya

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Rabu 03 Mei 2017 05:10 WIB
https: img.okezone.com content 2017 05 02 298 1681246 salah-kalau-pilih-mangga-matang-hanya-dari-warnanya-simak-tipsnya-6ME63U3duS.jpg Pilih mangga jangan hanya dari warnanya (Foto:Oxysherd)

SELAIN alpukat, mangga merupakan salah satu buah yang paling mudah matang. Oleh karena itu, ada beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan sebelum membeli buah bercita rasa manis ini.

Dilansir dari WikiHow, Rabu (3/5/2017), berikut tips memilih mangga yang tepat. Jangan sungkan meluangkan waktu Anda sejenak demi mendapatkan mangga matang dan berkualitas.

 

Sentuh dan rasakan teksturnya

Trik paling mudah untuk mengetahui mangga matang adalah dengan menyentuhnya secara langsung. Mangga matang memiliki tekstur sedikit empuk sama halnya dengan alpukat atau buah persik. Namun, hindari membeli mangga yang memiliki tekstur terlalu lembek, sehingga jari Anda dapat menembus kulitnya.

Lihat tampilannya

Umumnya, mangga yang matang secara pas memiliki bentuk seperti bola rugmi. Perhatikan pula bagian sekitar tangkai. Terkadang mangga matang akan mengeluarkan bintik atau bercak berwarna cokelat, itu merupakan hal yang wajar.

Hirup aromanya

Mangga matang cenderung mengeluarkan aroma manis yang kuat dan di sekitar tangkainya. Baunya hampir mirip dengan melon dan nanas matang. Jika ia mengeluarkan aroma menggoda, Anda telah memilih buah yang tepat.

Jangan hanya perhatikan warnanya

Menentukan tingkat kematangan mangga melalui warna bukanlah cara terbaik. Apalagi saat ini sudah banyak varian-varian mangga yang beredar di pasaran, tergantung dengan musimnya. Oleh karena itu, pelajarilah terlebih dahulu jenis mangga apa yang hendak Anda beli.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini