Share

Asma Bisa Dicegah dengan Jauhi Lingkungan Tidak Sehat

Dewi Kania, Jurnalis · Selasa 02 Mei 2017 18:33 WIB
https: img.okezone.com content 2017 05 02 481 1681403 asma-bisa-dicegah-dengan-jauhi-lingkungan-tidak-sehat-LhclfpdGNk.jpg Ilustrasi (Foto: Atlantaent)

ASMA salah satu penyakit tidak menular yang menyisakan masalah. Penderita asma sudah dari semua kalangan, termasuk anak-anak.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular Kementerian Kesehatan dr Lily S Sulistyowati, MM mengatakan, banyak penderita asma tidak terdiagnosa dengan tepat. Karena itu, mereka tidak mendapatkan pengobatan atau terapi yang benar.

"Asma bisa dicegah pencetusnya dan orangtua harus paham jika anaknya menderita asma. Salah satunya jauhkan anak-anak dari lingkungan perokok," kata dr Lily saat ditemui di kawasan Gondangdia, Jakarta Pusat, Selasa (2/5/2017).

Tapi, menurut dr Lily, kini banyak anak-anak mulai merokok. Masalah ini rupanya dapat menghambat penurunan prevalensi asma.

Saat ini, kematian akibat penyakit tidak menular juga bertambah. Tren ini akan berlanjut jika masyarakat tidak menghindari gaya hidup sembarangan.

Penyakit asma juga masih banyak dialami penduduk yang tinggal di wilayah Indonesia timur. Hampir semua wilayah menjadi zona merah, dengan prevalensi asma lebih dari 4,5 persen.

"Penyakit asma bisa dikendalikan dengan menerapkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). Jangan merokok, makan tinggi kalori, kurang aktivitas fisik dan kebiasaan buruk lainnya," tambahnya.

Bersihkan pula lingkungan sekitar untuk pencegahan asma, terutama untuk anak-anak. Karena penyakit ini dapat mengganggu kualitas hidup anak, yang seharusnya mendapat masa depan yang bagus.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini