Share

Pemilik Golongan Darah Non-O Berisiko Meninggal Akibat Penyakit Jantung

Dewi Kania, Jurnalis · Selasa 02 Mei 2017 20:41 WIB
https: img.okezone.com content 2017 05 02 481 1681564 pemilik-golongan-darah-non-o-berisiko-meninggal-akibat-penyakit-jantung-7ro8pViqxz.jpg Ilustrasi (Foto: Boldsky)

ORANG yang memiliki golongan darah non O lebih mungkin berisiko mengalami kematian akibat penyakit kardiovaskular. Salah satunya yang paling banyak yaitu serangan jantung.

Orang dengan golongan darah tersebut diketahui memiliki kolesterol tinggi, yang merupakan faktor risiko utama serangan jantung. Mereka juga mengalami pembekuan darah yang telah dikaitkan dengan kejadian trombotik, dibandingkan pemilik golongan darah A, B, AB.

Selanjutnya, mereka juga memiliki galectin-3 yang lebih tinggi, protein yang terkait dengan pembengkakan. Akibatnya, mereka juga bakal mengalami gagal jantung.

"Studi ini menunjukkan bahwa memiliki kelompok darah non-O dikaitkan dengan sembilan persen peningkatan risiko kejadian koroner, terutama infark miokard," kata Peneliti Tessa Kole, Mahasiswa Universitas Medical Center Groningen di Belanda.

Penelitian ini dipresentasikan di Heart Failure 2017 dan Kongres Dunia Keempat tentang Gagal Jantung Akut. Untuk studi ini, tim melakukan meta-analisis pada orang dengan golongan darah O dan non O.

Mereka mengaitkan dengan penyakit arteri koroner, penyakit jantung iskemik, gagal jantung, kejadian kardiovaskular dan mortalitasnya.

"Maka itu, setiap pemiliki golongan darah non O harus dipertimbangkan dalam penilaian risiko untuk pencegahan kardiovaskular, bersamaan dengan kolesterol, usia, jenis kelamin dan tekanan darah sistolik," saran Kole, dilansir Boldsky, Selasa (2/5/2017).

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini