Share

Jahatnya Asap Rokok Paling Mudah Bikin Asma Kambuh

Dewi Kania, Jurnalis · Selasa 02 Mei 2017 21:31 WIB
https: img.okezone.com content 2017 05 02 481 1681568 jahatnya-asap-rokok-paling-mudah-bikin-asma-kambuh-2nFdLUr2cR.jpg Ilustrasi (Foto: Geekinsider)

ASAP rokok paling mudah memicu kambuhnya penyakit asma. Sayangnya, tidak semua orangtua peduli dengan hal itu, sehingga membuat anak terganggu aktivitasnya.

"Pencetus yang paling sering bikin asma kambuh dalam lingkungan asap rokok. Siapa saja yangg merokok di dalm rumah atau lingkungan sekitarnya, harus jauh-jauh dari anak misalnya," papar Spesialis Respirologi Anak dr Darmawan Budi Setianto, SpA(K) ditemui di kawasan Gondangdia, Jakarta Pusat, Selasa (2/5/2017).

Dia menjelaskan, bahaya asap rokok bisa memicu asma, karena mengandung lebih dari 4.000 partikel racun yang berbahaya. Sehingga, jangan dekatkan anak, apalagi jika mereka sudah menderita asma sebelumnya.

"Jahatnya asap rokok itu enggak cuma bikin asma kambuh. Tapi anak juga bisa kena penyakit tidak menular lain, seperti stroke, jantung dan gangguan saluran pernapasan," imbuhnya.

Sayangnya, menurut dr darmawan, masih banyak orangtua yang tidak peduli dengan pencegahan penyakit asma. Secara tidak langsung, mereka yang menderita dapat mengganggu kualitas hidupnya hingga dewasa kelak.

"Masih banyak ayah atau ibunya si anak, bahkan keluarga di dalam rumahnya merokok, jaraknya dekat pula. Ini sangat berbahaya, maka berhentilah merokok," pungkasnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini