4 Penyebab Kulit Kering yang Tidak Banyak Orang Tahu

Pradita Ananda, Jurnalis · Kamis 04 Mei 2017 06:02 WIB
https: img.okezone.com content 2017 05 03 194 1682382 4-penyebab-kulit-kering-yang-tidak-banyak-orang-tahu-t0vs4Q11I8.jpg Kulit kering (Foto: Thehealthline)

TIDAK ubahnya kulit berminyak, kondisi kulit yang kering kurang akan kelembapan juga sama menyebalkannya. Kulit yang kering, selain membuat tampilan kulit menjadi seolah-olah bersisik bagai ikan. Juga kerap kali mendatangkan rasa perih ketika disentuh.

Kondisi kulit yang kering, banyak dipahami oleh orang-orang awam adalah karena kekurangan kelembapan alami yang biasanya terjadi karena kurang masuknya cairan atau air ke dalam tubuh.

Padahal banyak penyebab lainnya kulit menjadi kering, yang sayangnya tidak banyak orang mengetahuinya. Sehingga secara tidak sadar, kerap melakukan hal-hal yang memicu mendorong kulit menjadi kering.

Penyebab pertama ialah, pemakaian parfum atau wewangian. Disebutkan bahwasanya, parfum atau wewangian cenderung dapat membuat kulit kering dan iritasi. Maka dari itu, sebaiknya hindari pemakaian deodorant dan produk-produk skin care yang mengandung aroma wewangian dan pilih lah produk yang memiliki kandungan yang mampu melembapkan kulit secara alami. Misalnya seperti madu, vanilla, coklat, ataupun shea.

Penyebab kedua adalah, penggunaan sabun. Mulai dari sabun pencuci wajah, sabun pencuci tubuh, sabun pencuci baju, hingga sabun pelembut cucian (fabric softeners ). Di mana kerap kali dalam produk-produk tersebut, banyak digunakan formula yang keras jika bersentuhan dengan kulit. Maka pilihlah sabun pencuci wajah, tubuh, hingga baju yang berjenis mild soap agar kulit tidak menjadi kering.

Penggunaan obat jerawat dan retinol, diketahui juga sebagai salah satu penyebab kulit kering yang tidak banyak diketahui orang awam. Produk-produk skin care untuk jerawat biasanya hadir dengan kandungan zat retinol, glycolic acid, salicylic acid, dan benzoyl peroxide yang dapat membuat kering kulit. Agar kulit tidak menjadi kering, Anda tidak perlu langsung membuang produk anti-jerawat di rumah. Cukup dengan mengurangi intensitas pemakaiannya saja dalam penggunaan keseharian.

Terakhir, sebagaimana dikutip Everydayhealth, Kamis (4/5/2017) sirkulasi udara yang kering juga disebutkan sebagai salah satu penyebab terjadinya kekeringan pada kulit. Solusi untuk mengakali kondisi udara sekitar yang kering, ialah dengan selalu menyiapkan krim mild hydrocortisone (1 persen) yang tidak hanya mampu melembapkan, namun juga menenangkan kulit. Di mana krim ini bisa langsung digunakan ketika menyadari sirkulasi udara yang berputar di sekitar Anda kering dan hampa.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini