Tips Mematangkan Mangga Secara Alami dan Sempurna

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Rabu 03 Mei 2017 18:09 WIB
https: img.okezone.com content 2017 05 03 298 1682381 tips-mematangkan-mangga-secara-alami-dan-sempurna-EeQIMrUYMF.jpg Tips mematangkan mangga dengan mudah (Foto:Champagnemango)

MANGGA merupakan salah satu jenis buah yang dapat diolah menjadi berbagai hidangan lezat seperti rujak, asinan, jus, hingga puding. Buah ini juga nikmat loh disantap secara langsung, apalagi jika mangga sudah dalam kondisi matang sempurna.

Namun sayangnya, masih banyak yang belum mengetahui trik ampuh mematangkan mangga secara alami. Daripada salah langkah, yuk simak ulasan lengkapnya, sebagaimana dilansir dari WikiHow, Rabu (3/5/2017).

Taruh dalam kantung kertas atau koran

Menempatkan mangga di dalam kantung kertas atau koran akan memancing keluarnya gas etilen. Gas inilah yang akan mempercepat proses pematangan mangga. Jangan lupa mengeluarkan mangga ketika teksturnya telah melunak, atau bau harumnya telah tercium.

Taruh di dalam wadah berisi beras atau biji jagung

Teknik yang satu ini mungkin sudah familiar di kalangan ibu-ibu rumah tangga. Membenamkan mangga ke dalam beras ternyata berasal dari tradisi kuno India. Meksiko juga memiliki teknik yang sama. Tetapi mereka menggunakan biji jagung sebagai pengganti beras.

Letakkan di tempat bersuhu ruang

Jika tidak ingin repot-repot, Anda bisa meletakkan mangga di atas meja dapur bersuhu ruang. Ini merupakan cara yang paling alami, namun membutuhkan kesabaran untuk mendapatkan tekstur mangga matang yang sempurna.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini