Pertolongan Pertama saat Anak Kena Serangan Asma di Sekolah

Dewi Kania, Jurnalis · Rabu 03 Mei 2017 11:30 WIB
https: img.okezone.com content 2017 05 03 481 1681864 pertolongan-pertama-saat-anak-kena-serangan-asma-di-sekolah-5QK6cMiJLC.jpg Ilustrasi (Foto: Youtube)

GEJALA serangan asma dapat terjadi di mana saja, termasuk di sekolah. Sebaiknya, orangtua memberitahu informasi bahwa anak Anda menderita asma kepada guru dan siapkan obat di dalam tas si kecil.

Spesialis Respirologi Anak dr Darmawan Budi Setianto, SpA(K) mengatakan, pencetus utama asma dapat muncul di mana saja. Itu termasuk tungau debu, asap rokok, makanan, hingga aktivitas fisik berlebihan dan berat.

"Kalau timbul serangan saat di sekolah dan memang tidak ada fasilitas UKS, secepatnya untuk membawa ke klinik terdekat. Kemudian legakan pernapasan anak dengan obat asma yang sudah tersedia," ujar dr Darmawan di sela seminarnya memeringati Hari Asma Sedunia 2017 bersama MSD di kawasan Gondangdia, Jakarta Pusat, Selasa 2 Mei 2017.

Tanda yang mudah dikenali bila anak mengalami gejala asma yang kambuh, napasnya bunyi "ngik-ngik" berulang. Ini tidak boleh diabaikan karena dapat menyumbat saluran napas.

"Segera pokoknya bawa ke dokter atau klinik terdekat. Kalau memang napasnya terasa berat, langsung beri obat inhalasi untuk melegakan pasien," tambahnya.

Nah, dengan tips yang sudah dibeberkan dr Darmawan, bila Anda menemui hal ini, jangan panik ya!

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini