Solusi Alami Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Tanpa Obat

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Rabu 03 Mei 2017 17:05 WIB
https: img.okezone.com content 2017 05 03 481 1682253 solusi-alami-menurunkan-tekanan-darah-tinggi-tanpa-obat-LF9xfEwaAc.jpg Ilustrasi (Foto: Themakehealth)

HIPERTENSI adalah salah satu penyakit silent killer yang mempengaruhi jutaan orang di seluruh dunia. Sayangnya, obat penyakit ini tidak hanya mahal, tapi penderitanya sering menerima efek samping yang tak diharapkan.

Namun, Anda mungkin bisa mengatasi kondisi ini tanpa mengluarkan banyak biaya. Salah satunya dengan mengikuti solusi alami untuk mengurangi risiko hipertensi.

Berikut beberapa cara alami yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi, dilansir dari laman Boldsky:

1. Bawang putih

Bawang putih adalah obat ajaib bagi Anda jika menderita hipertensi. Bawang putih adalah antidiuretik yang membantu mendorong natrium dari darah ke dalam sistem ginjal. Hal ini pada akhirnya membantu mengurangi tekanan darah.

2. Tomat

Tomat tidak hanya memberi vitamin penting, seperti vitamin E. Tapi, buah ini juga mengandung likopen, antioksidan yang mencegah penumpukan asam lemak di ateri, penyebab utama hipertensi.

3. Bit dan lobak

Bit dan lobak seringkali tidak diberi 'penghargaan' yang pantas untuk mereka dapatkan. Padahal, keduanya bisa menyediakan pasokan nitrat yang sehat. Nitrat ini memudahkan pencegahan tekanan darah tinggi dengan pelebaran arteri.

4. Kurangi konsumsi garam

Mengurangi konsumsi garam dapat membantu mengatasi masalah hipertensi. Mungkin Anda benci cara ini, tapi memiliki hasil jangka panjang yang pasti. Selain itu, seseorang harus menjauh dari makanan olahan dan kemasan. Hampir semua makanan ini mengandung garam tinggi.

5. Air

Menjaga tubuh terhidrasi adalah salah satu cara yang harus dilakukan untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Air membantu mengeluarkan sejumlah garam dalam tubuh Anda, sehingga mengendalikan hipertensi.

6. Pisang

Pisang adalah makanan ekonomis yang membantu menurunkan tekanan darah secara alami. Buah ini sarat dengan mineral dan potasium yang membantu ginjal berfungsi optimal. Jadi, cobalah mengonsumsi pisang untuk menurunkan tekanan darah secara alami. Anda bisa mengonsumsi pisang saat sarapan dan sebelum berolahraga.

7. Dark chocolate

Dark chocolate terbuat dari biji pohon kakao dan sarat dengan antioksidan, termasuk polifenol flavonoid dan katekin. Flavonoid mengurangi tekanan darah sampai pada batas normal.

Ini adalah beberapa metode untuk menjaga risiko hipertensi dan penyakit kardiovaskular. Namun, seseorang juga harus menjalani hidup sehat dengan menekankan pada nutrisi, olahraga dan tidur yang tepat. Selain itu, mengurangi stres sangat penting untuk menangkal masalah hipertensi.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini