Ini Lho yang Bikin Kulit Kering dan Kehilangan Kelembapan

Pradita Ananda, Jurnalis · Kamis 04 Mei 2017 17:22 WIB
https: img.okezone.com content 2017 05 04 194 1683072 ini-lho-yang-bikin-kulit-kering-dan-kehilangan-kelembapan-hd0RgadFYY.jpg Kulit kering (Foto: Huffingtonpost)

KULIT secara alami, memiliki tingkat kelembapan dan cara tersendiri untuk mengunci kelembapan alami tersebut. Namun, seiring dengan aktivitas harian dan kondisi lingkungan sekitar yang ada. Membuat kulit kita, baik itu wajah ataupun tubuh secara tidak sadar kehilangan kelembapannya.

Di antara sekian banyak faktor yang menjadikan kulit kehilangan kelembapannya sehingga akhirnya menjadi kering, mengelupas, bahkan bersisik bahkan tidak jarang juga dibarengi rasa perih. Ada 3 hal yang membuat kondisi kulit menjadi kering, apa sajakah itu?

Menjawab pertanyaan di atas, Dr.Edwin Tanihaha, Spkk selaku dermatologis dari RS.Siloam, TB Simatupang, Jakarta Selatan tidak segan untuk berbagi ilmunya kepada para pembaca Okezone. Seperti yang dituturkan oleh Dr.Edwin Tanihaha, Spkk saat ditemui Okezone, belum lama ini.

Secara alami kulit kehilangan air dan kelembapannya melalui, yang pertama ialah dengan kucuran keringat. Yaitu kondisi di mana tubuh dan kulit kehilangan air yang diproduksi oleh kelenjar keringat yang disebabkan oleh panas, stres, dan aktivitas.

Kondisi kedua adalah, TWL atau Transepidermal Water Loss, yakni kondisi kulit yang kehilangan kelembapan secara alami sekitar ½ liter per hari dari lapisan kulit yang paling dalam. Di mana kondisi ini, meningkat intensitasnya menjadi 2 kali lipat saat di malam hari.

Terakhir, menurut Dr Edwin faktor eksternal seperti polusi udara yang terjadi di lingkungan, radiasi sinar UV dari paparan matahari, dan hembusan hawa dari pendingin ruangan atau AC juga disebutkan sebagai kondisi atau faktor alami yang membuat kulit kehilangan air dan kelembapannya.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini