Tips Praktis Mengolah Waffle yang Lembut dan Lezat

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Jum'at 05 Mei 2017 06:05 WIB
https: img.okezone.com content 2017 05 04 298 1683198 tips-praktis-mengolah-waffle-yang-lembut-dan-lezat-aJavp6bncg.jpg Cara membuat waffle yang enak (Foto: Simplyrecipes)

DI zaman yang serba modern seperti saat ini, tidak mengherankan jika sebagian orang menginginkan semua pekerjaan menjadi serba praktis, termasuk dalam hal memasak.

Nah, jika Anda ingin menyiapkan menu sarapan yang praktis, waffle dan pancake bisa menjadi pilihan tepat. Sebelum mengolah hidangan tersebut, yuk simak tips pengolahannya, sebagaimana dilansir dari Times of India, Jumat (5/5/2017).

 

Perhatikan putih gelur

Langkah pertama yang harus Anda perhatikan saat mengolah adonan waffle adalah saat mencampurkan telur ke dalam tepung. Hindari mencampur kuning dan putih telur secara bersamaan. Sebaiknya, campurkan tepung dan kuning telur terlebih dahulu.

Jangan biarkan lengket

Tambahkanlah minyak atau mentega pada adonan waffle agar tidak melengket saat dipanggang. Jika pada percobaan pertama permukaan waffle melengket dan pecah, tambahkan lagi minyak dan menteganya.

Bersabarlah

Untuk mendapatkan tekstur waffle yang sempurna, Anda harus bersabar saat memanggangnya. Jangan lupa memanggang adonan dalam jangka waktu yang telah ditentukan buku resep. Lalu cek secara berkala dan hati-hati. Jika waffle Anda bertekstur keras dan kenyal, itu tandanya alat pemanggang tidak cukup panas.

Rasa

Untuk memeperkaya rasa, Anda dapat menambahkan ekstrak vanilla, almond, dan bubuk kayu manis, ke dalam adonan.

 

Buttermilk

Beberapa resep merekomendasikan penggunaan buttermilk agar tekstur waffle lebih lembut, dengan rasa gurih yang khas. Anda bisa menambahkan bahan baku tersebut sesaat sebelum memanggang adonan.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini