Share

Olahraga Mampu Memperbaiki Sensitivitas Insulin pada Penderita Diabetes Tipe 2

Maria Amanda Inkiriwang, Jurnalis · Kamis 04 Mei 2017 20:04 WIB
https: img.okezone.com content 2017 05 04 481 1683352 olahraga-mampu-memperbaiki-sensitivitas-insulin-pada-penderita-diabetes-tipe-2-4ACkgggJq8.jpg Ilustrasi (Foto: BBC)

OLAHRAGA merupakan alternatif yang baik untuk mencegah komplikasi diabetes, termasuk diabetes melitus tipe 2. Olahraga pun mampu meningkatkan kerja insulin.

Hal ini dianjurkan pula oleh Prof Dr dr Mardi Santoso, DTM&H, Sp.PD-KEMD, FINASIM, FACE – Ketua Persatuan Diabetes Indonesia (PERSADIA) Jakarta.

"Salah satunya dengan olahraga. Gerakan otot akan membantu meningkatkan sensitivitas insulin. Dengan berolahraga masal. Misalnya taichi dan senam diabetes," terang Prof Mardi di kawasan Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (4/5/2017).

Ia mengatakan, rata-rata pasien dari club diabetes, kebutuhan obat-obatannya menurun ketika mereka rutin berolahraga senam diabetes. Berbeda dengan senam SKJ yang termasuk golongan olahraga aerobik high impact, senam diabetes lebih kepada olahraga aerobik yang low impact.

"Senam diabetes ini seperti senam berirama, low impact aerobic. Tidak ada gerakan jongkok dan berdiri atau gerakan melompat," tambah Prof Mardi.

Tidak secara khusus ditujukan kepada penderita diabetes, siapa saja bisa melakukan senam ini. Ia mengingatkan, senam diabetes merupakan bentuk upaya preventif atau pencegahan primer terhadap diabetes melitus tipe 2.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini