nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kenali 5 Gejala Infeksi Saluran Kemih pada Pria

Maria Amanda Inkiriwang, Jurnalis · Jum'at 05 Mei 2017 05:10 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 05 04 481 1683395 kenali-5-gejala-infeksi-saluran-kemih-pada-pria-zqruITzOub.jpg Ilustrasi (Foto: Dailymail)

TIDAK hanya wanita, infeksi saluran kemih juga bisa dialami pria. Misalnya, kurang menjaga kebersihan organ intim setelah buang air kecil juga bisa menjadi penyebabnya.

Guys, ada baiknya Anda mengenali tanda-tanda infeksi saluran kemih seperti yang disebutkan oleh dr Hemendra Shah, ahli Urologi di Rumah Sakit Fortis S.L Raheja.

Sering buang air kecil

Sama seperti pada wanita, infeksi saluran kemih pada pria ditandai dengan sering buang air kecil. Bila Anda buang air kecil lebih sering dari biasanya, terutama di malam hari, mungkin Anda menderita infeksi saluran kemih.

Nyeri saat buang air kecil

Kebanyakan pria yang menderita infeksi saluran kemih juga mengalami rasa sakit atau sensasi terbakar saat kencing. Hal ini disebabkan uretra atau kandung yang meradang. Biasanya, antiobiotik bisa meredakan gejala tersebut.

Nyeri perut

Infeksi saluran kemih ditandai dengan nyeri perut bagian bawah akibat infeksi. Bila infeksi menyebar ke ginjal. mungkin Anda mengalami rasa sakit di sekitar panggul atau punggung.

Urine berbau busuk

Bakteri yang bertahan lama di saluran kencing dalam jangka waktu lama, membuat air kencing Anda berbau busuk. Penderita diabetes yang memiliki kandung kemih lemah, cenderung tidak mengosongkan urine dengan benar. Kondisi ini dapat meningkatkan risiko infeksi.

Perubahan warna urine

Selama infeksi saluran kemih menyerang, warna urine tampak keruh. Pasalnya, sistem kekebalan tubuh mencoba melawan infeksi dan nanah yang diproduksi tubuh. Dalam beberapa kasus, darah dalam urine bisa menjadi tanda khas terjadinya infeksi saluran kemih. Demikian dilansir dari laman Thehealthsite, Jumat (5/5/2017).

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini