Lagi Belajar Bikin Brownies? Ini Tips Mengolah agar Matang Sempurna

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Sabtu 06 Mei 2017 16:05 WIB
https: img.okezone.com content 2017 05 05 298 1684162 lagi-belajar-bikin-brownies-ini-tips-mengolah-agar-matang-sempurna-vLbPwq72Mg.jpg Cara membuat brownies (Foto:Saveur)

MESKI resep brownies termasuk yang paling mudah dan praktis untuk dicoba, namun ada beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan agar brownies matang sempurna.

Dilansir Okezone dari berbagai sumber,  Sabtu (6/5/2017), berikut 4 tips mengolah brownies yang bisa Anda coba di rumah. Jangan lupa membeli bahan-bahan berkualitas ya untuk mendapatkan hasil terbaik.

Pilih cokelat berkualitas

Langkah pertama yang harus Anda perhatikan adalah memilih cokelat berkualitas. Pasalnya, rasa brownies didominasi oleh bahan baku ini. Oleh karena itu, jangan tergoda untuk membeli cokelat bubuk atau blok yang murah jika kualitas tidak terjamin.

Perhatikan resep

Ada dua jenis brownies yang bisa Anda olah di rumah. Jenis pertama memiliki tekstur yang cenderung padat, sedangkan yang kedua lebih lembut seperti kue bolu. Jika sudah memutuskan brownies apa yang hendak dibuat, perhatikan resepnya secara teliti untuk menghindari berbagai kesalahan umum. Salah satunya adalah komposisi tepung. Menggunakan tepung terlalu banyak akan membuat tekstur brownies kering.

Dinginkan cokelat

Kesalahan lain yang sering dilakukan banyak orang ketika mengolah brownies adalah tidak mendinginkan cokelat yang telah dilelehkan. Hal ini sangat penting, agar panas cokelat tidak mematangkan telur ketika ia dicampurkan ke dalam adonan.

Gunakan wadah yang tepat

Selain memilih bahan, Anda juga harus teliti dalam memilih wadah yang digunakan. Wadah yang terlalu besar akan membuat tekstur brownis menipis dan tidak terlalu matang. Begitu pula dengan wadah yang terlalu kecil, ia akan membuat tekstur brownis menjadi tebal dengan kondisi adonan tidak matang secara merata.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini