Menyusuri Muasal Sandwich, Setangkup Roti Isi yang Mendunia

Santi Andriani, Jurnalis · Sabtu 06 Mei 2017 07:10 WIB
https: img.okezone.com content 2017 05 05 298 1684269 menyusuri-muasal-sandwich-setangkup-roti-isi-yang-mendunia-H5IXo1BA5f.jpg Sandwich telur (Foto:Foodnetwork)

SANDWICH merupakan hidangan lezat yang terdiri dari dua potong roti, dengan berbagai isian lezat seperti daging, sayuran, dan keju. Agar rasanya lebih lezat, sandwich biasanya dioles dengan sedikit mayones, mentega, atau minyak zaitun.

Hidangan tersebut begitu populer karena dapat dikonsumsi oleh semua kalangan. Baik di kalangan orang dewasa maupun anak-anak.

ย 


Kepopuleran sandiwch dibuktikan dengan mudahnya menemukan hidangan ini di cafe, restoran, toko roti, atau pun gerai-gera makanan lainnya.

Namun, tahukah Anda bahwa nama sandwich diambil dari nama seorang aristokrat Inggris?

ย 


Pada abad ke-18, Earl of Sandwich IV merupakan salah satu penggemar kartu kelas berat. Ia ingin terus bermain kartu tanpa harus berhenti untuk makan.

Berawal dari niat tersebut, ia memutuskan untuk menyantap daging yang dijeput oleh dua potong roti. Makanan tersebut dapat dimakan dengan sebelah tangan sambil bermain kartu.

ย 


Seiring berjalannya waktu, popularitas sandwich pun semakin meluas. Penyajian yang praktis dan sarat gizi merupakan alasan sandwich begitu diminati.

Bahkan, sekarang sandwich tidak hanya disajikan dengan isian daging saja. Sudah banyak restoran yang menawarkan sandwich berisikan peanut butter, dan selai lezat lainnya. Demikian dikutip dari buku Sandwich Bagel & Donat, karya Dapur Aliza.

. ํ‘ธ๋ฅด๋ฆ„์ด ์ข‹๋‹ค, ์š” ๋ช‡์ผ ์ด์œ ์—†๋Š” ์šฐ์šธํ•จ์ด ๋‚  ํž˜๋“ค๊ฒŒ ํ•˜๋”๋‹ˆ ์˜ค๋Š˜์€ ์ข€ ๋‚ซ๊ตฌ๋‚˜ ๐Ÿ˜ง ๊ฑด๊ฐ•ํ•œ ๋งˆ์Œ์„ ๊ฐ€์งˆ ์ˆ˜ ์žˆ๊ฒŒ ๋” ๋…ธ๋ ฅํ•ด์•ผ์ง€. ๊ทผ๋ฐ ์ด๊ฑฐ ์ง„์งœ ๋ง›์žˆ๋– ...... ์˜คํ”ˆ ์ƒŒ๋“œ์œ„์น˜ ๐Ÿ˜Š๐Ÿ’š . . #์ผ์ƒ #๋ฐ์ผ๋ฆฌ #์˜คํ”ˆ์ƒŒ๋“œ์œ„์น˜ #์นผ๋ฆฌ์•„์ผ์ƒ #ํ‘ธ๋“œ์Šคํƒ€๊ทธ๋žจ #๋„ˆ๋ฌด์˜ˆ์œํ”Œ๋ ˆ์ดํŒ… #์ปฌ๋Ÿฌํ’€ํ•ด #๋ณด๊ธฐ์ข‹์€๋–ก์ด๋จน๊ธฐ๋„์ข‹๋‹ค #โค๏ธใ€ฐ #dailyย  #food #foodstagram #sandwich #callia_daily

A post shared by sแดแด˜ส€แด€ษดแด.แด„แด€สŸสŸษชแด€ (@soprano_callia) on


Mengintip sandwich dari berbagai negara

Sandwich merupakan hidangan sarapan yang mudah dan singkat pembuatannya. Tidak heran jika setiap negara memiliki khas sandwich tersendiri yang berbeda pula kelezatannya.

Biasanya, sandwich terdiri dari setangkup roti tawar yang diisi dengan sayur, keju, telur mata sapi. Lalu, bagaimana dengan sandwich dari 5 negara ini?

Italia, Carozza

Sandwich dari negara yang terkenal dengan spagetinya ini berbeda dengan sandwich yang biasa orang Indonesia konsumsi. Carroza si sandwich ala Italia terbuat dari roti tawar yang digoreng, lengkap dengan isinya yaitu keju asli Italia.

ย 


India, Vada Vav

ย 

Berbeda dengan carozza sandwich dari Italia yang hanya berisi keju meleleh, Vada Vav si sandwich dari India lebih lengkap isinya. Vada vav terbuat dari roti hamburger yang berisi sayuran pedas, lengkap dengan chutney saus ala India yang terbuat dari kelapa parut, tamarind pulp, dan bawang putih.

Jerman, Fischbrotchen

ย 

A post shared by @mara.mour on


Jerman memiliki sandwich yang unik dari negara yang lainnya. Fischbrotchen si sandwich asal Jerman utara ini terbuat dari roti roll berisi ikan Bismarck atau herring lengkap dengan sayur mayor seperti daun selada air, acar, dan bawang merah atau Bombay.

Chili, Chacarero

ย 

A post shared by @mara.mour on


Sandwich khas Chili ini tinggi akan serat tidkak seperti sandwich yang telah dibahas sebelumnya. Terdiri dari kukusan kacang panjang, potongan tomat segar, ayam atau daging panggang iris, keju, dan saus alpukat yang sudah dibumbui garam dan lada siap menggoda santap pagi Anda.

Polandia, Zapiekanka

Roti isi ala Polandia ini juga tidak kalah menggiurkan. Lembutnya roti baquette panjang dengan topping daging cincang, jamur, irisan mentimun, daun bawang, keju meleleh, dan saus sambal ini siap memanjakan lidah kamu saat sarapan tiba.

ย 


Kelezatan sandwich-sandwich khas lima negara di atas cocok di lidah masyarakat Indonesia. Bisa Anda coba buat jika berminat atau dicicipi ketika melancong ke salah satu dari lima Negara tersebut. Happy trying!

Pilihan resep sandwich untuk akhir pekan

BOSAN dengan sandwich berisikan daging sapi atau ayam? Yuk bikin sandwich kakap saus mayones untuk menu sarapan besok. Anda hanya perlu menyediakan 750 gram fillet kakap, keju lembaran, dan beberapa bumbu tambahan.

Dikutip dari buku Aneka Resep Dunia, karya Prudianti Tedjokusuma, berikut resep lengkap membuat sandwich kakap saus mayones yang bisa Anda coba di rumah.

Bahan-bahan

750 gram fillet kakap, potong ukuran 7 x 10 x 2 cm

1 sdm garam halus

1/2 sdt merica bubuk

1 buah jeruk nipis, peras, ambil airnya

5 lembar keju lembaran, masing-masing potong dua

2 butir telur ayam, rebus matang, iris tipis membulat

2 putih telur, kocok, untuk pencelup

250 gram tepung panir

Minyak goreng (non kolesterol), untuk menggoreng

Kentang goreng

5 lembar daun selada

1 buah tomat merah, iris membulat

Isi

1 sdm selai kacang

2 sdm mayones

1/2 sdt mustard

1 sdm saus tomat

2 kuning telur

50 ml minyak selada

1/2 sdt garam halus

1/4 sdt merica bubuk

1/2 sdm gula pasir

1 sdt peterceli cincang

1 sdt cabai merah cincang

50 gram daging buah nanas, cincang kasar

50 gram acar mentimun, cincang kasar

50 gram wortel, rebus, parut memanjang

Cara membuat

1. Belah dua potongan kakap, tapi jangan sampai putus. Lumuri dengan garam, merica dan air jeruk hingga rata. Diamkan selama 30 menit;

2. Isi: Campur selai kacang, mayones, mustard, saus tomat, kuning telur, minyak selada, garam, merica dan gula pasir. Haluskan dengan blender sampai tercapur rata dan kental. Tambahkan peterseli dan cabai merah cincang. Aduk rata. Masukkan nanas, acar mentimun dan wortel. Aduk pula hingg rata. Sisihkan;

3. Isi setiap belahan kakap dengan selembar keju, ratakan adonan isi diatasnya, beri sepotong telur rebus, lalu tutup dengan selembar keju lagi;

4. Celupkan kakap isi ke dalam kocokan putiht elur, lalu gulingkan di atas tepung roti hingga rata. Ulangi sekali lagi. Lakukan hal yang sama pada potongan kakap yang lain;

5. Panaskan minyak dalam jumlah banyak. Masukkan kakap, goreng sampai matang dan berwarna kecokelatan. Angkat dan tiriskan;

6. Potong melintang gorengan kakap. Hidangkan bersama sisa saus dan kentang goreng. Jika perlu hias dengan daun selada dan potongan tomat.

ย 

Sandwich tuna

Setekah beraktivitas seharian penuh, tubuh memerlukan asupan nutrisi untuk membangkitkan stamina. Jika tidak ingin repot, sandwich tuna bisa menjadi camilan tepat yang bisa Anda olah sepulang kerja.

Dikutip dari buku TeenLit: Resep Cinta, karya Primadonna Angela, berikut resep lengkap pengolahannya, selamat mencoba.

Bahan-bahan

4 potong roti whole wheat ukuran bujur sangkar

2 potong roti (putih) ukuran bujur sangkar

1/2 kaleng tuna in oil

1/2 bawang bombau, cincang halus

Mayones secukupnya

Tomat, iris tipis-tipis

Mentimun, iris tipis-tipis

Cara membuat

1. Campurkan tuna, bawang bombay, mayones hingga berbentuk semacam pasta kental berwarna putih;

2. Potong diagonal semua roti. Tata selang-seling, paling bawah roti gandum, tengahnya roti putih, atasnya roti gandum sehingga warnanya berselang-seling;

3. Oleskan campuran tuna, bawang, mayones dalam roti gandum. Selipkan irisan tomat. Letakkan roti putih di atasnya. Oleskan campuran tuna, bawan, mayones, kemudian letakkan irisan timun. Tutup dengan roti gandum;

4. Kalau tidak langsung dimakan, balut sandwich dalam plastik clingwrap.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini