nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Maknyuss, Seruput Es Kopi Susu di Gerobak Coffee Shop Pertama di Yogyakarta

Dewi Kania, Jurnalis · Jum'at 05 Mei 2017 19:36 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 05 05 298 1684491 maknyuss-seruput-es-kopi-susu-di-gerobak-coffee-shop-pertama-di-yogyakarta-5ysmwSS4Dv.jpg Coffee shop gerobakan di Yogyakarta (Foto:Dewi/Okezone)

YOGYAKARTA tak cuma punya angkringan kopi joss yang legendaris. Di sepanjang kawasan Tugu Yogyakarta, Malioboro, hingga Alun-Alun Kidul, ada gerobak Kopi Keliling yang menjual kopi hitam dan kopi susu.

Pertama, Okezone melihat gerobak kopi itu dikerumuni banyak orang di pojok Tugu Yogyakarta. Dalam gerobaknya, terdapat alat pembuat kopi manual yang terdiri dari V60, French Press dan Vietnam drip, alat pembuat foam susu, teko, gelas dan sebagainya.

Ada pula display biji kopi hitam sebelum dihaluskan dan diseduh. Tampak barista Kopi Keliling beratraksi membuat kopi yang dibeli pelanggan. Kopi yang diseduh rupanya arabika dari Tanah Sunda dan robusta Bengkulu.

Sesuai selera, Anda bebas memilih teknik pembuatan kopi dengan alat-alat yang tersedia. Bahkan, jika Anda sudah jago bikin kopi sendiri juga diperbolehkan.

Jangan salah, konsep gerobak kecil yang diusungnya punya banyak cabang di delapan tempat. Termasuk tiga di antaranya selurusan kawasan Tugu, tepatnya di Malioboro dan Alun-Alun Kidul.

 

Okezone diajak melihat gerobak kopinya langsung di dua kawasan lain. Uniknya yang di Malioboro, baristanya pakai baju lurik Jawa dan aksesoris blangkon di kepala.

Mereka juga sama-sama membuat kopi teknik manual brew. Tapi Okezone tak ingin mencicipi kopi di gerobak itu, karena sudah hampir tutup.

Akhirnya, lanjut jalan ke Alun-Alun Kidul. Gerobak Kopi Keliling juga ramai didatangi pelanggan yang duduk di trotoar alun-alun.

 

Gerobaknya tampak remang-remang bertengger di depan odong-odong dengan lampu nyala terang. Kebetulan di sana bertemu dengan Niko, salah satu pemilik gerobak.

Dia menceritakan berdirinya Kopi Keliling yang ternyata baru dibuka dua tahun lalu. Mahasiswa kampus swasta di Yogyakarta itu ingin buka coffee shop model gerobak.

Dia yakin bahwa pelanggan yang membeli kopinya tak ragu untuk membayar murah. Tak pelak, tiga konsep gerobak kopi yang disambangi Okezone sama persis dan ramai dikunjungi anak-anak muda.

"Kita buka ini dengan konsep gerobak pertama di Yogyakarta. Awalnya, pengin buka biar bisa bayar kuliah sendiri," kata Niko saat berbincang dengan Okezone di Alun-Alun Kidul, Yogyakarta, Rabu 3 Mei 2017.

Di sinilah Okezone baru sempat mencicipi menu andalan Kopi Keliling. Ya, Es Kopi Susu Sarkem, salah satu menu rekomendasi terbarunya.

Dengan telaten, Niko menyaring kopinya dengan manual agar mendapatkan basic black coffee murni. Lalu, dia menuangkan susu kental manis untuk menambah rasa.

 

Sluurpp, cukup melepas dahaga saat Okezone mencicipi es kopi susu manis itu. Rasanya cukup oke, karena tak terlalu eneg dengan tambahan susu.

Kopinya juga tak terasa asam, tapi sedikit pahit. Mereka memang menggunakan house blend signature Kopi Keliling.

Tak cuma es kopi susu Sarkem, gerobak ini juga menjual es kopi hitam, es cokelat, dan es teh tarik green tea latte. Harganya dibanderol mulai Rp6 ribu-Rp13 ribu. Enggak mahal kan?

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini