Ini yang Terjadi pada Tubuh jika Makan Mangga Berlebihan

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Jum'at 05 Mei 2017 11:59 WIB
https: img.okezone.com content 2017 05 05 481 1683867 ini-yang-terjadi-pada-tubuh-jika-makan-mangga-berlebihan-kE1MFNnXII.jpg Ilustrasi (Foto: Boldsky)

MANGGA adalah salah satu buah favorit karena rasanya yang manis. Tapi, justru karena rasanya tersebut, mengonsumsi mangga tidak boleh berlebihan.

Jadi, Anda perlu membatasi konsumsi mangga agar tidak merasakan efek sampingnya. Apalagi jika Anda sudah memiliki penyakit diabetes, sebaiknya menghindari buah ini.

Berikut dampak makan mangga berlebihan untuk kesehatan Anda yang dilansir dari laman Boldsky:

Kenaikan berat badan

Mangga matang berukuran sedang memiliki sekira 135 kalori. Mengonsumsi mangga terlalu banyak dapat mencegah penurunan kalori, sehingga menghambat upaya Anda menurunkan berat badan.

Waktu konsumsi sama pentingnya dengan porsi. Mengonsumsi mangga 30 menit sebelum sesi olahraga benar-benar bermanfaat. Karena akan memberi energi yang dibutuhkan untuk sesi olahraga raga.

Meningkatkan gula darah

Mangga mengandung tinggi fruktosa yang membuat rasanya manis. Konsumsi berlebihan gula ini akan menyebabkan kenaikan gula darah dan lonjakan insulin yang tidak diinginkan.

Berpotensi karsinogenik

Beberapa pedagang mangga menggunakan kalsium karbida untuk membuat mangga matang lebih cepat. Zat ini bisa menyebabkan masalah kesehatan dan berpotensi karsinogenik. Efek buruk kalsium karbida dapat mencakup sensasi kesemutan, mati rasa dan neuropati perifer.

Masalah gastrointestinal

Konsumsi mangga yang berlebihan, terutama mangga mentah, bisa menjadi penyebab masalah gastrointestinal, seperti gangguan pencernaan. Jadi, orang harus menghindari konsumsi mangga mentah yang berlebihan.

Iritasi

Getah mangga yang merembes keluar dari mangga matang, adalah iritan yang kuat dan dapat menyebabkan iritasi di tenggorokan. Selain itu, seseorang tidak boleh minum air dingin setelah makan mangga, karena air dingin menyebabkan koagulasi getah, yang menyebabkan iritasi lebih lanjut.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini