Share

Prediabetes, Makanan Apa Saja Sih yang Perlu Dihindari?

Maria Amanda Inkiriwang, Jurnalis · Jum'at 05 Mei 2017 19:27 WIB
https: img.okezone.com content 2017 05 05 481 1684476 prediabetes-makanan-apa-saja-sih-yang-perlu-dihindari-nb6UapVmat.jpg Ilustrasi (Foto: Asknaij)

INTERVENSI prediabetes sebelum terjadi diabetes perlu dilakukan sedini mungkin untuk menghindari terjadinya diabetes. Salah satu caranya adalah dengan membatasi asupan makanan tertentu.

Prof Dr dr Mardi Santoso, DTM&H, SpPD-KEMD, FINASIM, FACE, Ketua Persatuan Diabetes Indonesia (PERSADIA) wilayah Jakarta, menegaskan kepada pasien pradiabetes dan juga diabetes untuk menghindari asupan gula langsung.

"Pantangan makanan gula direct yang menjadi glukosa. Misalnya, gula merah, gula pasir, dan gula batu," ungkap Prof Mardi di kawasan Gambir, Jakarta Pusat, Kamis 4 Mei 2017.

Bukan berarti pasien prediabetes tidak boleh makan nasi atau bahkan lemak. Prof Mardi menerangkan, asupan lain yang sangat boleh dikonsumsi adalah karbohidrat, protein, dan lemak. Namun, semuanya perlu dihitung secara sederhana.

Prof Mardi merekomendasikan 60 persen nasi, 20-30 persen protein, sisanya 15 persen lemak. Mengapa prediabetes tetap memerlukan asupan lemak?

"Lemak memiliki kalori yang tinggi, tubuh kita masih membutuhkan lemak juga tapi tidak boleh banyak-banyak. Supaya hormonal dalam tubuh kita bisa dibuat," tambah Prof Mardi.

Bagaimanapun, upaya pencegahan prediabetes bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan rendah kalori dan tinggi serat, seperti sayur mayur, buah-buahan, dan biji-bijian. Prof Mardi juga menyarankan untuk melakukan aktivitas fisik minimal lima kali dalam seminggu dengan durasi 30-60 menit.

Dengan demikian, orang dengan prediabetes bisa mencegah lebih awal terjadinya diabetes di kemudian hari.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini