nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 Manfaat Alpukat untuk Kecantikan Kulit

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 09 Mei 2017 08:02 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 05 08 194 1686167 4-manfaat-alpukat-untuk-kecantikan-kulit-Vv4XX7o2DB.jpg Alpukat untuk kecantikan (Foto: Homeremedyhacks)

SELAMA ini tidak dipungkiri untuk kebanyakan orang, alpukat memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan rambut. Maka dari itu, tidak heran alpukat kerap digunakan sebagai bahan alami untuk perawatan seperti creambath dan hair mask.

Tetapi, jangan salah lho! Tahukah Anda bahwa alpukat juga menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit karena mengandung banyak zat-zat baik. Apa saja sederet manfaat alpukat untuk kecantikan kulit? Baca dulu uraiannya berikut ini!

Proteksi untuk tanda-tanda penuaan

Alpukat mengandung kandungan zat antioxidant carotenoids, misalnya seperti beta karoten, alpha karoten, beta-cryptoxanthin, zeaxanthin dan lutein. Di mana zat-zat baik inilah yang dapat menangkal efek radikal bebas pada kulit, sehingga kecenderungan kulit mengalami penuaan seperti hadirnya garis kerutan, keriput, dan tanda-tanda penuaan lainnya bisa dikurangi.

Mempertahankan struktur dan tekstur kulit 

Banyak yang terkejut ketika mengetahui bahwa alpukat tinggi akan kandungan vitamin C, yang tentu baik untuk kulit. Vitamin C bekerja pada kulit agar kulit tetap terjaga struktur dan tekstur kekenyalan, serta kekencangannya. Karena vitamin C sangat berperan besar dalam pembentukan kolagen dan elastin dalam sel-sel kulit.

Mengurangi dampak buruk sinar UVA dan UVB

Jahatnya paparan sinar matahari kepada kulit sudah bukan rahasia lagi bukan. Nah di sinilah alpukat yang mengandung vitamin E tinggi berperan penting, karena vitamin E berperan sebagai zat anti-oksidan untuk kulit dalam menangkal serta mengurangi dampak kerusakan kulit yang ditimbulkan oleh sinar radiasi UVA dan UVB, juga mengoksidasi lemak dalam sel-sel kulit yang menjadi penyebab kulit menjadi sagging alias kendur.

Menghaluskan dan melembapkan kulit

Salah satu konten yang terkandung dalam alpukat yang sangat bermanfaat untuk kulit, ialah zat oleic acid. Oleic acid ini sendiri seperti disitat Healthiestfoods, Selasa (9/5/2017) bekerja untuk menjaga kadar kelembapan lapisan-lapisan kulit sehingga kehalusan dan kelembapan kulit tetap terjaga optimal.

Tak hanya itu, dengan kandungan lemak omega 9 yang ada dalam alpukat. Alpukat juga menjadi nutrisi yang ampuh untuk me-regenerasi sel-sel kulit yang rusak, hingga mengurangi iritasi kemerahan pada kulit.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini