Online Shop Menjamur, Bagaimana dengan Toko Konvensional di Dunia Fashion?

Dinno Baskoro, Jurnalis · Rabu 10 Mei 2017 15:45 WIB
https: img.okezone.com content 2017 05 10 194 1687975 online-shop-menjamur-bagaimana-dengan-toko-konvensional-di-dunia-fashion-d718ctMAor.jpg Shopping (Foto: Slideshare)

PERKEMBANGAN teknologi seakan turut berkontribusi dalam mengubah gaya hidup manusia. Bahkan semuanya kini sudah bermigrasi ke ranah online, tak terkecuali dengan industri fesyen Tanah Air.

Buktinya dalam beberapa tahun terakhir gaya belanja kebutuhan sandang berbasis online kian berkembang pesat. Bahkan berbagai lini usaha berbasis online shop atau e-commerce di Tanah Air pun terus bermunculan.

Namun dibalik itu, ada satu hal terungkap yang ternyata, berkiprah di dunia maya saja belum cukup untuk perkembangan bisnis tersebut. Misalnya saja ada sejumlah kelemahan dari online shop yang bisa jadi penghambat.

Seperti lamanya waktu pengiriman, ukuran dan warna busana tidak sesuai, retur produk yang butuh waktu lama jika terjadi kesalahan dan lain sebagainya. Tentu hal itu dapat mengganggu kenyamanan pelanggan dalam berbelanja.

Karena itu, setidaknya diperlukan kontribusi dari toko konvensional guna memberikan pengalaman belanja yang lebih baik bagi pelanggan.

"Kombinasi antara penjualan online via web atau aplikasi dan offline store ini dapat memberi pengalaman belanja yang lebih baik," ujar Jason Lamuda, selaku CEO Berrybenka dalam acara Media Gathering di kawasan Jakarta Selatan, belum lama ini.

Lanjutnya, dengan kombinasi tersebut setidaknya dapat menutupi kelemahan online shop yang selama ini terjadi. Misalnya, pelanggan bisa melihat item fesyen yang diinginkan via online, membelinya via online atau mengambil barang langsung dari toko konvensional jika stok tersedia, sehingga tak memakan waktu untuk pengiriman.

Perihal retur barang jika tak sesuai harapan juga bisa dilakukan langsung di toko konvensional tanpa repot membungkus dan mengirim barang kembali yang membutuhkan waktu yang lama dan keluhan lainnya.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini