Pentingnya Mencegah Dehidrasi saat Demam Berdarah

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Rabu 10 Mei 2017 14:20 WIB
https: img.okezone.com content 2017 05 10 481 1687855 pentingnya-mencegah-dehidrasi-saat-demam-berdarah-SVVC3tEf4Z.jpg Ilustrasi (Foto: Vietnamnet)

BAGI kebanyakan orang, hidrasi bisa sesederhana memastikan minum 6 sampai 8 gelas setiap hari. Tapi, bagaimana ketika kita terserang penyakit demam berdarah?

60 persen tubuh kita terdiri dari cairan, yaitu air dan ion. Jaringan dan organ dalam tubuh kita membutuhkan cairan agar berfungsi dengan baik.

Ketika menjalani rutinitas sehari-hari, kita tidak dapat menahan kehilangan beberapa cairan tubuh. Hal ini terjadi saat berkeringat atau buang air kecil, bahkan bernapas. Namun, perlu diketahui bahwa cairan tubuh lebih cepat terjadi saat kita mengalami demam.

Itulah sebabnya pasien yang terdiagnosis menderita demam berdarah, diingatkan akan pentingnya menjaga hidrasi. Pasien demam berdarah mengalami demam tinggi disertai sakit kepala yang parah, nyeri di belakang mata, otot dan sendi, kehilangan nafsu makan, ruam, mual dan muntah.

Karena belum ada obat untuk mengobati demam berdarah, pasien diobati dengan parasetamol guna menurunkan demam. Hal itu juga didukung dengan persedian cairan yang cukup.

Menjaga tubuh terhidrasi mengendalikan penyakit dan menjaganya agar tidak bertambah parah, dan terus berlanjut menuju demam berdarah dengue, atau saat tahap pembuluh darah mulai bocor dan menyebabkan perdarahan.

Air saja sayangnya tidak cukup. Cairan yang hilang oleh tubuh terdiri dari air dan ion, sehingga harus diganti dengan yang sama. Minuman mengandung ion adalah pengganti cairan yang ideal.

Dari dalam minuman tersebut, mengandung sejumlah mineral elektrolit yang tepat seperti magnesium, sodium, potasium, dan kalsium. Ini adalah mineral yang sama di cairan alami tubuh, sehingga menjadi pengganti yang tepat, sangat penting untuk mencegah dehidrasi spontan.

"Dalam demam berdarah, penting agar kita mengelolanya dengan benar agar tidak bertambah parah. Menjaga tubuh terhidrasi merupakan salah satu faktor kunci dalam mencapai hal tersebut," kata Leopolo Dimerin, Presiden dan Direktur Pharmaceutical Incorporated, dikutip Philstar, Rabu (10/5/2017).

Jadi, pastikan untuk menjaga hidrasi tubuh ketika menderita demam berdarah dengan minum air putih, jika bisa minuman mengandung ion. Karena, akan mengganti cairan tubuh yang hilang dengan cepat, sehingga mencegah dehidras dan kondisi semakin buruk.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini